Berita

KABAR GEMBIRA, SEKARANG CETAK AKTA KELAHIRAN DAN KEMATIAN BISA DILAYANI DIKANTOR DESA

KABAR GEMBIRA, SEKARANG CETAK AKTA KELAHIRAN DAN KEMATIAN BISA DILAYANI DIKANTOR DESA

Diposting pada 07 May 2021, 10:26 Oleh EW


Salwi- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tegal mengembangkan sistem  Informasi Registrasi penduduk desa/kelurahan SIREP) agar dapat dilaksanakan pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian di pemerintahan desa.

Pengembangan  Akses informasi registrasi penduduk Konsepnya utamanya adalah agar adanya pencatatan kelahiran dan kematian dari pemerintah Desa yang tercatat secara sistem sehingga dapat digunakan untuk penghitungan  capaian Akta kelahiran dan Kematian masing-masing desa .

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil Kabupaten Tegal  Supriyadi  dalam acara Takhshaw Bincang Kreatif yang disiarkan secara langsung di studio  radio Slawi FM dan dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Desa Pangkah  Dian Sulistiani .pada  Selasa,(27/4/2021).

”Dengan pengembangan sistem informasi registrasi penduduk pelayanan Kependudukan terkait Akta Kelahiran, Akta Kematian dan kartu keluarga percetakanya dapat dialkukan di desa sehingga diharapkan dapat memepercepat pelayanan Kependudukan pada masyarakat. Kata Supriyadi.

Supriyadi menjelaskan, dengan adanya permendagri Nomor 109 tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam Adminitrasi kependudukan maka mulai 1 juli 2020 percetakan semua dokumen Kependudukan dan Pencatatan sipil menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4 kecuali  KTP-el dan KIA masih menggunakan Blanko.

“Oleh karenanya SIREP dikembangkan menjadi versi 2.0 agar dapat dilaksanakanya pelayanan Akta Kelahiran dan Kematian dapat dilakukan  didesa masing-masing yang dinamakan WADUK DESA (Warung Dukcapil Desa).,” lanjutnya.

Menurutnya dengan adanya Waduk Desa ini,  akan sangat bermanfaat bagi pelayanan kepandudukan pada masyarakat . Pelayanan Akta Kelahiran, akta kematian laporan Pindah datang, surat-surat dan profil Kepndudukan dapat dilakukan dengan pelaporan dari desa , diverifikasi secara online oleh petugas Disdukcapil dan percetakan bisa didesa. Pungkasnya.(Diskominfo Kab. Tegal/Ew).


Pengumuman Pemenang Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I Kabupaten Tegal 2021
RLPPD Kabupaten Tegal Tahun 2020
Pengumuman Pemenang Lomba Logo Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal Tahun 2021
Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan 2021