Dukung Peningkatan Literasi dan Ilmu Pengetahuan, Dinas Arpus Beri Layanan Ekstensi ke Pesantren Tarbiyatut Tholibin


Diposting pada 22 June 2021, 20:07 Oleh HA


Bumijawa – Dukungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Tegal dalam peningkatan literasi dan ilmu pengetahuan diwujudkan melalui kunjungan ke Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin Batumirah Bumijawa, sebagai tindak lanjut permohonan bantuan penyelenggaraan perpustakaan di pondok pesantren tersebut.

Para pustakawan disambut secara langsung oleh pengasuh pondok pesantren Habib Sholeh Al Atthas, Selasa (15/6/2021). 

“Terimakasih atas kehadiran rekan-rekan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tegal, disini kami mohon bantuannya terkait penyelenggaraan perpustakaan di pondok pesantren kami ini, ” ucap Habib Sholeh dalam sambutannya.

Moh. Amin S.I.Pust, selaku pustakawan senior yang mewakili Kepala Dinas Arpus menyampaikan bahwa kunjungan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti informasi tentang permohonan bantuan penyelenggaraan perpustakaan di Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin.

“Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mendukung penuh terkait penyelenggaraan perpustakaan di Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin. Kami bisa memberikan bantuan yakni layanan ekstensi. Layanan ekstensi adalah peminjaman bahan pustaka berupa buku dalam jangka waktu tertentu. jadi kami siap meminjamkan koleksi buku-buku sesuai dengan kebutuan pondok pesantren dalam jangka waktu minimal satu bulan dan itu dapat dan itu dapat diperpanjang,” ucap Amin.

Amin menambahkan, bantuan penyediaan koleksi buku berupa hibah untuk saat ini masih belum dapat dilakukan karena memang belum ada koleksi hibah dari Dinas Arpus untuk perpustakaan pondok pesantren maupun rumah ibadah di wilayah Kabupaten Tegal.

Kedepannya jika ada bantuan hibah koleksi buku baik itu dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Tengah atau dari Perpustakaan Nasional, Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin bisa masuk kedalam skala prioritas penerima bantuan koleksi buku.

Penyelenggaraan perpustakaan di Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin tentu diharapkan dapat meningkatkan minat baca bagi santriwan dan santriwati yang cerdas, religius dan berwawasan luas. (HA)






Link Pemerintahan


Link Lainnya