Berita

BAPPEDA DAN LITBANG KABUPATEN TEGAL INISIASI PENGUATAN BUDAYA LITBANG DAN INOVASI MASYARAKAT PADA RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH

BAPPEDA DAN LITBANG KABUPATEN TEGAL INISIASI  PENGUATAN BUDAYA LITBANG DAN INOVASI MASYARAKAT PADA RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH

Diposting pada 23 April 2021, 17:14 Oleh EW


Slawi-  Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bappeda dan Litbang menginiasi penumbuhan budaya kelitbangan (penelitian, pengembangan dan inovasi ) melalui kegiatan penelitian tematik dikalangan Akademisi/Perguruan Tinggi, bantuan penelitian kepada mahasiswa dan masyarakat.

 

Hasil rekomondasi kegiatan penelitian tematik ini diharapkan dapat menjadi bahan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan pada OPD dan Pemerintah Daerah. Penelitian juga dilakukan oleh Mahasiswa dan masyarakat sebagai upaya untuk mencari jawaban atas permasalahan yang ada dikabupaten Tegal.

 

Demikian diungkapkan  Kabid  Kelitbang Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Darmanto  dalam acara Takhshaw Bincang Kreatif yang disiarkan secara langsung di studio  radio Slawi FM dan kanal youtube pemkab Tegal  dan didampingi Kasubid Inovasi dan penguatan Kapasitas Kelitbangan  Andre Rubyatna pada  Selasa,(20/4/2021).

Menurut Darmanto  penyusunan Dokumen perencanaan pembangunan dikabupaten Tegal masih  belum sepenuhnya bersumber dari hasil penelitian /kajian ilmiah. Oleh karena itu pihaknya perlu melakukan penelitian dan pengembangan/ kelitbangan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan Pembangunan pada OPD dan Pemerintah Daerah .

 

Ia menambahkan, Penelitian dan pengembangan dilakukan agar dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan pada OPD dan Pemerintah Daerah berdasarkan pada hasil-hasil penelitian, pengembangan dan inovasi masyarakat karena hasil kelitbangan akan mendorong peningkatan peran dan kontribusi dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Daerah yang lebih baik

Pemeberian otonomi yang seluas-luasnya pada Daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnaya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Otonomi daerah juga memberikan kesempatan untuk pemimpin daerah dan jajaranya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerahnya melalui cara inovatif.. Ujarnya.

 

Inovatif merupakan kunci dari perubahan untuk menhadapi perubahan global , inovasi bukan hanya teknologi melainkan cara baru lainya dalam pelaksanaan peningkatan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat. Pungkasnya. (Diskominfo Kab. Tegal/EW).


Pengumuman Pemenang Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I Kabupaten Tegal 2021
RLPPD Kabupaten Tegal Tahun 2020
Pengumuman Pemenang Lomba Logo Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal Tahun 2021
Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan 2021