9 BADAN PUBLIK PERANGKAT DAERAH IKUTI UJI PUBLIK KIP AWARD KABUPATEN TEGAL 2021


Diposting pada 18 December 2021, 08:15 Oleh EW


Slawi-Pemeringkatan keterbukaan informasi,publik pertama kali  diselelenggarakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. Pada Kamis 16/12/2021 di Ruang rapat Humas Gedung Amarta Setda Kabupaten Tegal dan Penilaian Uji Publik akan menjadi dasar penetapan pemeringkatan Badan Publik OPD tahun 2021.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Bambang Kusnandar Aribawa  megatakan, pemeringkatan ini penting untuk mengukur sejauh mana tingkat keterbukaan informasi badan publik perangkat daerah dalam menginformasikan kebijakan , program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat.

“Pemeringkatan ini juga bertujuan untuk melihat sampai sejauh mana badan publik Perangkat Daerah dalam mengimplementasikan kebijakan konkret, untuk mewujudkan keterbukaan informasi  Publik di unit kerjanya masing-masing,” terangnya.

Selain itu, lanjut Kadis Kominfo , pemeringkatan tersebut untuk mengetahui tingkat inovasi pelayanan publik, demi menyukseskan keterbukaan badan publik yang lebih baik, efektif, efisien dan sederhana. Sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik  serta sesuai  harapan masyarakat.

Panelis pada uji publik Perangkat Daerah kali ini, berasal dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Mashuri ST,MT dan Akademisi Universitas Pancasakti Siswanto SH,MH serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Bambang Kusnandar Aribawa,,

Kadis Kominfo Bambang Kusnandar Aribawa berharap, meski dalam kondisi masih masa pandemi Covid-19  yang mengharuskan kegiatan pemeringkatan keterbukaan informasi Publik dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan  , Namun diharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Dijelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, diamanatkan setiap badan publik diwajibkan menyediakan, memberikan dan atau menerbitkan informasi publik, yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi.

Sebagai implementasi pelaksanaan Undang-undang tersebut, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama menyelenggarakan pemeringkatan keterbukaan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. Ungkapnya.

Penilaian pemeringkatan badan publik dimulai dari tahap I penilaian Website PPID Pembantu, Tahap II Kuesioner Penilaian Mandiri atau Self Assessment Questionnare (SAQ), Tahap III Verifikasi dan Vistisasi dan Tahap IV Uji Publik.

“Dari Tahap I, II dan III diperoleh 9 Badan Publik Perangkat Daerah yaitu, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Dagkop dan UKM, Bappeda dan Litbang, Dinas Sosial , Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kecamatan Bumijawa, Kecamatan Margasari dan Kecamatan Pagerbarang,” Terangnya.

Kegiatan Penilaian Keterbukaan Informasi Publik PPID Pembantu Tahun 2021 dikabupaten Tegal kali ini mengambil Tema “ Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik bagi OPD selaku Badan Publik yang Informatif” Pungkasnya.(Diskominfo Kab.Tegal/Ew).






Link Pemerintahan


Link Lainnya