Artikel




Favorit

KEBANGKITAN NASIONAL DI MASA PANDEMI

Kebangkitan suatu bangsa ditentukan oleh semangat bangsa itu sendiri untuk bangkit. Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada setiap tanggal 20 Mei, dikondisikan untuk tetap menjaga semangat kebangsaan dan nasionalime. Hal ini sesuai amanah tiga tokoh utama Budi Utomo yaitu Douwes Dekker, dr. Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantoro (Suwardi Suryaningrat). yaitu telah mewadahkan semangat pergerakan Nasional melalui berdirinya Budi Utomo 20 Mei 1908. Sebagai generasi penerus, kita ingin selalu mengenang dan mempertahankan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, Bertanah Air satu tanah air Indonesia dan Bertumpah darah satu tumpah darah Indonesia.

Baca →
Favorit

KEJAHATAN SIBER DI ERA TRANSFOMASI DIGITAL

Transformasi digital adalah digitalisasi suatu proses bisnis yang berfokus pada efisiensi serta inovasi layanan sehingga proses bisnis eksisting memiliki kapabilitas secara digital. Pada prinsipnya, transformasi digital merubah cara manusia dalam mengerjakan sesuatu yang semula dikerjakan secara manual, berubah menjadi serba otomatis menggunakan teknologi informasi dimana pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien dan mempunyai ,competitive advantage.

Baca →
Favorit

EVALUASI FAKTOR KEGAGALAN SISTEM INFORMASI PADA KESIAPAN PENERAPAN E-GOVERNMENT

E-Government adalah penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam administrasi publik untuk mempersingkat dan mengintegrasikan alur dan proses kerja, mengelola data dan informasi secara efektif, meningkatkan layanan publik, serta memperluas saluran komunikasi untuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat . Pada sektor pemerintah, pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi sebagai wujud implementasi e-government yang kemudian disebut dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronis (SPBE) tak selalu lancar dan sesuai harapan. Banyak sistem informasi yang gagal diimplementasikan dikarenakan berbagai hal. Tantangan pada implementasi e-government bisa menyebabkan kegagalan. Selanjutnya, kegagalan tersebut diukur melalui presentase yaitu 35% gagal total, 50% gagal sebagian dan hanya 15% yang menuai keberhasilan [2]. Disisi lain, pemerintah terus melakukan investasi yang besar dalam pengadaan sistem informasi dengan tujuan untuk mendukung dan meningkatkan fungsi internal serta komunikasi dan transaksi dengan pihak eksternal.

Baca →
Favorit

MARI KITA MENGENAL CORRUPTION RISK ASSESSMENT (CRA)

Pemetaan korupsi itu ibarat kita menjadi seorang dokter spesialis, yang harus bisa mendeteksi dan membaca secara detail instrumen-instrumen pemeriksaan kesehatan, begitu juga dengan CRA Corruption Risk Assessment, bagaimana menghilangkan korupsi sampai akar-akarnya, oleh karena itu kita harus melakukan CRA secara detail, baik terhadap korupsi yang sudah terjadi atau belum, ketika kita menyusun CRA maka kita harus bisa mengimplementasi risiko-risiko apa yang akan muncul, progress report setelah dilakukan evaluasi berkala, identifikasi resiko terhadap terjadinya korupsi, menilai inheren risk (risiko yang melekat kepada tahapan atau fungsi bisnis atau pada risk owner), identifikasi residual risk atau risiko yang terjadi setelah dilakukan pengendalian dan pencegahan setelah itu selanjutnya rumuskan rencana awal mitigasi risk corruption.

Baca →
Favorit

Menjadi Programmer Tidaklah Sulit

Banyak orang mengira bahwa menjadi programmer adalah hal yang sulit. Padahal pada kenyataannya tidak begitu. Programmer pada umumnya bekerja sesuai dengan referensi yang mereka temukan kemudian mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Pengetahuan yang mereka dapatkan ketika belajar memudahkan mereka untuk menulis ulang dan mengubahnya menjadi versi mereka sendiri. Ada beberapa versi programmer dalam menulis kode program yaitu:

Baca →
Link Pemerintahan


Link Lainnya