Waspadai Belanja Mamin Kedaluwarsa di Akhir Tahun

Waspadai Belanja Mamin Kedaluwarsa di Akhir Tahun

Diposting pada 23 December 2019, 21:25 Oleh OI


Slawi - Belasan produk makanan dan minuman kedaluwarsa ditemukan di salah satu swalayan terbesar di Kota Slawi. Belasan produk ini ditemukan saat tim Satgas Pangan menggelar sidak menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 pada Senin (23/12) pagi tadi. Adapun tim Satgas Pangan itu terdiri dari Satreskrim Polres Tegal, Disperindag, Dinkes serta Dinas Kelautan dan Peternakan Kabupaten Tegal. 


Kasatreskrim Polres Tegal Gunawan Wibisono menyayangkan peristiwa ini terjadi. Pasalnya, belasan produk kedaluwarsa ini ditemukan pada sekelas pasar modern. "Seharusnya saat pengecekan barang pihak manager swalayan lebih teliti dan cermat," tegasnya.

Adapun belasan makanan dan minuman kedaluwarsa ini meliputi daging sapi, udang, cumi-cumi, ikan salmon yang sudah dikemas dan dibekukan. Serta beberapa jajanan jadul yang sudah berjamur seperti ladu ketan hingga kemasan susu kotak. Untuk itu, Guwanan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan teliti sebelum membeli. 

"Cek kembali produk makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Kapan kedaluwarsanya, jika di produk makanan atau minuman tidak tercantum tanggal kedaluwarsa masyarakat wajib tahu dan menanyakan itu ke pihak swalayan," pungkas Gunawan.

Sementara itu, Staf Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Toipah mengungkapkan terdapat produk makanan kemasan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Bahkan, tim satgas pangan juga menemukan produk makanan dengan nomor PIRT lama. "Karena sejak tahun 2012 nomor PIRT sudah 15 digit, sedangkan beberapa makanan yang ada di swalayan ini masih menggunakan 12 digit," jelasnya.

Sebelum melakukan sidak di swalayan, Tim Satgas Pangan melakukan aksi sidaknya di Pasar Trayeman Slawi guna mengecek harga serta ketersediaan kebutuhan sembako jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Dari hasil pengecekan, rata-rata harga masih relatif stabil kecuali bawang merah yang mengalami kenaikan. Dari Rp32.000 naik menjadi Rp40.000. (OI)




Link Pemerintahan


Link Lainnya