Sinergikan Teknologi Informasi dengan Statistik Sektoral pada Sistem Satu Data

Sinergikan Teknologi Informasi dengan Statistik Sektoral pada Sistem Satu Data

Diposting pada 10 May 2019, 10:35 Oleh PbS



SLAWI - Adanya peralihan urusan statistik dari Bappeda ke Dinas Kominfo, menuntut Dinas Kominfo untuk memperkuat fungsi statistiknya. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal melalui Plt. Kabid Statistik dan Pengembangan SD TIK Kusnianto, SE, dalam sambutannya saat membuka Acara Coaching Clinic Statistik Sektoral untuk  Single Open Data, Jumat (10/05) di Ruang Rapat Dinas Kominfo.

"Selain memperkuat sumber daya manusia juga kapasitas, membangun kerjasama dengan Badan Pusat Statistik perlu dilakukan agar pengetahuan berkaitan dengan data, lebih berkembang dan untuk kemudian disinergikan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat," ujar Kusnianto.

Sebelum membuka acara secara resmi, Kusnianto mengatakan bahwa tantangan dan kendala dalam pengelolaan data ini pastilah ada tetapi hal tersebut bukanlah penghalang untuk melemahkan semangat.

"Mulai hari ini kita harus belajar menyukai data dan berproses dengan data," tutupnya.

Lebih lanjut, Narasumber dari BPS Tegal Hayyun Kartika TH., S.Si MM. mengatakan bahwa statistik sektoral pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah, dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan sesuai dengan Tupoksi bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah.

"Tujuan coaching clinic ini agar peserta memahami dan mengerti, apa itu statistik sektoral, mengetahui siapa penyelenggara statistik sektoral, memahami tata cara penyelenggaraan statistik sektoral dan memahami pentingnya statistik sektoral dalam pembangunan," terangnya.

Menurut Hayyun, hal itu merupakan tujuan jangka pendek dari diadakannya coaching clinic ini, sedangkan tujuan jangka menengahnya yaitu mempersiapkan terbentuknya forum satu data Kabupaten Tegal, sebagai wadah komunikasi, koordinasi kegiatan statistik sehingga dapat menumbuhkan sinergitas antara BPS dan Diskominfo serta instansi lainnya dalam menyediakan data, khususnya data sektoral.

Dalam kegiatan ini, para peserta yang berasal dari beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tegal, diberikan materi mengenai statistik sektoral oleh BPS Tegal. (PbS)


ILPPD Kab Tegal


Kabar Bupatiku Edisi 115 - 8 April 2019 (Cafe Ndadak Ngopi Alun-Alun Hanggawana Slawi)


Link Pemerintahan


Link Lainnya