Berita

MULAI 1 APRIL, DINAS P3AP2KB KABUPATEN TEGAL LAKUKAN PENDATAAN KELUARGA 2021

MULAI 1 APRIL, DINAS P3AP2KB KABUPATEN TEGAL LAKUKAN  PENDATAAN KELUARGA 2021

Diposting pada 31 March 2021, 17:30 Oleh SA


Slawi- Pemkab Tegal melalui Dinas P3AP2KB akan menggelar program Pendataan Keluarga secara serentak mulai tanggal 1 April sampai 31 Mei 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tegal Elliya Hidayah, dalam Talkshaw Bincang Kreatif di studio radio Slawi FM pada Selasa (30/3/2021).

Talkshaw yang digagas oleh Diskominfo kab,. Tegal disiarkan secara langsung dikanal youtube pemkab Tegal yang bertemakan “Pendataan Keluarga 2021 “ dihadiri 3 nara sumber yakni Kepala Dinas P3AP2KB Elliya Hidayah, S.IP, MM, Penyuluh KB Kec. Talang Ma'aroh, dan Kader Desa Kaligayam Kec. Talang Solikhati.

Talkshow ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya pendataan keluarga untuk memotret kondisi keluarga dan hal itu yang melatarbelakangi BKKBN melalui Dinas P3AP2KB melakukan pendataan yang tujuanya untuk membangun keluarga yang berkualitas dan harapanya masyarakat agar berpartisipasi dalam program itu. Kata Elliya

Program tersebut merupakan kegiatan pengumpulan data primer tentang data Pembangunan Keluarga, data Kependudukan, data Keluarga Berencana, dan data Anggota Keluarga yang dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah (BKKBN) yang pelaksanaanya secara serentak pada waktu yang telah ditentukan dan selanjutnya akan dilakukan setiap 5 (lima) tahun sekali, melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah,” jelasnya.

Dia Menegaskan,Kebijakan ini untuk menyediakan basis data keluarga untuk intervensi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan program pembangunan lainnya.

Sasaran pendataan keluarga yang didata harus yang tinggal di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan atau jika kurang maka dipastikan bahwa keluarga tersebut berencana menetap di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan. Target KK yang didata sejumlah 447.594 KK dan petugas pendata sebanyak 3.672 orang. Jelas Elliya.

Dalam Kesempatan lain Penyuluh KB Ma'aroh mengatakan pendataan akan dilakukan oleh para kader yang terdiri dari Kader KB, Kader Posyandu, dan Kader PKK yang sudah mendapatkan pelatihan sehingga para kader paham apa yang harus didata dan apa yang harus dilakukan saat bertugas.

Solikhati Perwakilam kader Pendata Desa Kaligayam Kecamatan Talang Solikhati mengungkapkan , Kader disamping bertugas sebagai pendata juga harus bisa memberikan edukasi pada masyarakat tentang program ini .


Melalui pendataan, kader akan mengumpulkan data terkait dengan data kependudukan data keluarga Berencana dan Data tentang pembangunan keluarga yang akan dilakukan oleh para kader/ petugas yang sudah terlatih dan berpengalaman sebagai penyuluh keluarga Berencana. “Pungkasnya(Diskominfo Kab. Tegal /SA)


Pengumuman Pemenang Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I Kabupaten Tegal 2021
RLPPD Kabupaten Tegal Tahun 2020
Pengumuman Pemenang Lomba Logo Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal Tahun 2021
Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan 2021