Berita

KOMISI INFORMASI PROVINSI JAWA TENGAH DUKUNG PENYELENGGARAAN KIP AWARD 2021 DI KABUPATEN TEGAL

KOMISI INFORMASI PROVINSI JAWA TENGAH DUKUNG PENYELENGGARAAN KIP AWARD 2021 DI KABUPATEN TEGAL

Diposting pada 05 April 2021, 15:24 Oleh EW


Slawi-Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar pertemuan dengan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Selasa 30/3/2021 di Semarang. Pertemuan tersebut untuk mempersiapkan penyelenggaraan penilaian pengelolaan layanan Keterbukaan Informasi Publik pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku Badan Publik dilingkungan pemerintah Kabupaten Tegal.

Langkah tersebut diambil Diskominfo sebagai tindaklanjut Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 dalam melaksanakan tugas dan kewenangan selaku PPID Utama melakukan pembinaan,pengawasan,evaluasi dan monitoring atas kebijakan informasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh PPID Pembantu, Hal tersebut diungkapkan Kabid IKP Kusnianto dalam pertemuan dengan Ketua Komisi Provinsi Jateng Drs. Sosiawan.

Oleh Karena itu lanjut Kusnianto, Pemkab Tegal melalui Diskominfo selaku PPID Utama memandang perlu untuk melakukan penilaian KIP Award 2021 untuk mendorong seluruh Perangkat Daerah selaku PPID Pembantu agar keterbukaan informasi publik berjalan lebih baik, berkualitas dan transparan sehingga akan berdampak pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Mendengar penjelasan tersebut,Ketua Komisi Informasi Drs. Sosiawan mengapresiasi dan mendukung langkah Diskominfo Kabupaten Tegal untuk menyelenggarakan KIP Award 2021 sebagai langkah pembinaan dan evaluasi dalam mewujudkan keterbukaan Informasi Publik seluruh OPD selaku Badan Pubik untuk menjadi Badan Publik yang Informatif” terang Sosiawan.

Ia menambahkan bahwa pemeringkatan badan publik menggunakan 4 indikator yaitu :pengembangan website dan  mengumumkan informasi dan dokumentasi publik meliputi Informasi Setiap Saat, Informasi Berkala, Informasi Serta Merta serta Informasi yang Dikecualikan pada Website, SAQ, Visitasi dan Uji Publik.

Oleh karena itu saya menyambut baik dan akan membantu prosesnya tinggal bagaimana mempersiapkan Tahapan dan regulasinya agar kegiatan penilaian dan pemeringkatan tata kelola layanan keterbukaan informasi publik pada PPID Pembantu yang menjadi obyek evaluasinya dapat berjalan dengan baik. Ujarnya

Setiap tahapan memiliki bobot nilai yang telah ditentukan dan setiap badan publik harus mengikuti seluruh tahapan evaluasi mulai dari evaluasi website, SAQ dan visitasi sehingga nilai yang diperoleh merupakan pengabungan dari setiap tahapan tersebut. Pungkasnya (Diskominfo Kab. Tegal/EW).


Pengumuman Pemenang Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I Kabupaten Tegal 2021
RLPPD Kabupaten Tegal Tahun 2020
Pengumuman Pemenang Lomba Logo Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal Tahun 2021
Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan 2021