Ini Dia Warga Baru di Wisata Sawah Batu Bukateja

Ini Dia Warga Baru di Wisata Sawah Batu Bukateja

Diposting pada 08 October 2020, 16:31 Oleh AD


Balapulang – Kabupaten Tegal dikenal memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat mengagumkan. Bukan hanya objek wisata milik pemerintah daerah saja, kini desa-desa yang ada di Kabupaten Tegal juga kian bersaing menyuguhkan tempat yang indah untuk dikunjungi. Salah satunya objek Wisata Sawah Batu, wisata yang dikembangkan oleh Desa Bukateja ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi baik saat bersama teman maupun keluarga.
Melihat potensi yang Sawah Batu miliki, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan memberikan dua ekor rusa totol untuk menambah daya tarik wisata serta diharapkan dapat mengedukasi pengunjung khusunya anak-anak. Saat ditemui di objek wisata Sawah Batu, Senin (05/10/2020), Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sawah Batu Desa Bukateja Akhmad Faozi menuturkan, bahwa pemberian rusa oleh Pemkab Tegal Ini berlangsung pada Sabtu, (12/09/2020) lalu oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal Khofifah di lokasi wisata.
“Kami sangat berterimakasih atas hadiah yang Pemkab Tegal berikan, yaitu satu ekor rusa betina dan satu ekor rusa jantan. Semoga degan adanya warga baru tersebut di objek wisata Sawah Batu ini, bisa lebih menarik wisatawan yang berkunjung,” harap Faozi.
Ditanya soal pemeliharaan dan biaya pembuatan kandang, ia menjelaskan pembuatan kandang untuk rus atersebut menghasilkan Rp 15 juta. Kemudian, masih Faozi, menurutnya saat ini rusa yang ada di Sawah Batu diurus oleh pawang khusus yang disiapkan oleh Pokdarwis, sehingga kebutuhan hewan yang bernama latin axis-axis tersebut dapat diatur dengan baik. “Nantinya, pengunjung juga bisa memberi makan, dengan membeli sayuran yang telah disediakan objek wisata,” katanya.
Selain itu, Faozi menuturkan, objek wisata Sawah batu akan dibuka setiap hari. Untuk Senin hingga Jumat, jam operasional dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu dibuka pukul 06.00 sampai 18.00 WIB, biaya masuknyapun cukup murah yaitu hanya Rp 2000.
“Banyak tempat dan spot menarik disini, kami memiliki meeting hall, kolam renang, jembatan bambu, gazebo untuk berkumpul bersama keluarga atau teman hingga stand makanan atau pasar sawah batu yang akan hadir di setiap Sabtu dan Minggu. Pasar tersebut, menyediakan banyak makanan tradisional khas Desa Bukateja, seperti sega walang dan nasi jagung,” jelasnya.
Tak hanya itu, banyak juga event yang bisa pengunjung rasakan, antara lain perlombaan egrang, balap bakiak, layang-layang, nyanyian solawat, pentas tari-tarian serta penampilan dari grup Nadaku akustik, GG akustik dan organ tunggal Arya Musik.(AD)


Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati Tegal
RLPPD Kabupaten Tegal 2019
Jadwal Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020


Penutupan dan Penganugerahan Festival Film Tegal 2019 (7 Desember 2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya