Hari Sumpah Pemuda, Umi Jabarkan Ciri Karakter Pemuda Tangguh

Hari Sumpah Pemuda, Umi Jabarkan Ciri Karakter Pemuda Tangguh

Diposting pada 28 October 2019, 11:26 Oleh OI


Slawi - Pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Tegal pada Senin (28/10) pagi, Bupati Tegal Umi Azizah menjabarkan karakter yang dimiliki oleh pemuda tangguh. Bahwasanya, pemuda tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

"Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional," tegas Umi.

Sejalan dengan tema Hari Sumpah Pemuda yaitu "Bersatu Kita Maju", Umi mengatakan sesungguhnya tema tersebut diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi juga bagi pemuda. Karena menjadi suatu keharusan. "Ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju," kata Umi. Lebih lanjut, pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Umi menambahkan, pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama yang interaksinya berjalan real time selama 24 jam.

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Karena pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia.

"Kalau pemuda generasi dahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik," pungkas Umi.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 berjalan dengan lancar, diikuti oleh perwakilan siswa-siswi dari sekolah sekitar. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dan seluruh Kepala OPD dan beberapa para Camat. (OI)


ILPPD Kab Tegal


Streaming Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pejabat di Lingkungan Pemkab Tegal Th 2019

Link Pemerintahan


Link Lainnya