Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo adakan Rakor Pemantapan KIP Pemerintah Desa

Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo adakan Rakor Pemantapan KIP Pemerintah Desa

Diposting pada 04 October 2019, 09:23 Oleh PbS



SLAWI - Rakor PPID (16/7) mengundang 15 Desa yang ada di Kabupaten Tegal, dengan mengambil tema "Pemantapan Keterbukaan Informasi Publik Untuk Pemerintah Desa". Acara dibuka oleh Ibu Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal, Dra. Wuninggar.


Beliau berharap dengan keterbukaan informasi publik instansi pemerintah untuk membuka diri dan menyikapi keputusan tersebut berdasar Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, ungkapnya.


Dra. Wuninggar. menyampaikan PPID Desa dibentuk untuk mencukupi hak masyarakat mendapatkan informasi terkait pembangunan desa. Untuk menyamakan persepsi, harapannya pejabat didesa seperti Kepala Desa dan Sekretaris Desa dapat memaksimalkan PPID Desa.


Diharapkan dengan diadakannya rakor ini bisa menjadikan penggugah semangat terutama desa dalam keterbukaan informasi publik.


Bendri sebagai Narasumber menyampaikan manfaat dari keterbukaan informasi publik yakni adanya transparansi dan akuntabilitas Badan Publik, terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, akselerasi rantasan KKN, serta optimalisasi perlindungan hak-hak masyarakat terhadap pelayanan publik.


“Tantangannya adalah Pemerintah Desa belum terbiasa memposisikan diri sebagai Badan Publik. Maka dari itu sangatlah penting adanya PPID di tingkat Desa” katanya.


“Sengketa informasi yang banyak  terjadi di tingkat desa adlah permasalahan tentang tanah. Jika di Pemerintah Desa telah di buat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID Desa) harapannya sengketa tentang tanah dapat berkurang bahkan tidak ada lagi, tambahnya.



ILPPD Kab Tegal


Streaming KABUKU Edisi 120 : SDM Unggul Indonesia Maju (12-08-2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya