DISKOMINFO Kabupaten Tegal adakan rakor dan evaluasi (PPID) utama dan pembantu Tahun 2020

DISKOMINFO Kabupaten Tegal adakan rakor dan evaluasi (PPID) utama dan pembantu Tahun 2020

Diposting pada 16 March 2020, 08:17 Oleh Ew


Slawi- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal menyelenggarakan Rakor dan Evaluasi Pejabat Pengelola Informasi Dokentasi ( PPID ) Utama dan Pembantu Kamis ( 12/03/2020 ) bertempat di ruang rapat Candra Kirana Gedung C lantai 2 Setda Kabupaten Tegal.

Rakor dan Evaluasi tersebut diikuti oleh semua Kepala OPD se-kabupaten Tegal Asisten Administrasi Umum Edy Budiyanto Spd. Mpd selaku Pejabat yang mewakili Bupati Tegal, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Para Camat dan tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Dessy Arifianto S.Sos. MT, menyampaikan Laporan Kegiatan Rakor dan Evaluasi PPID Utama dan Pembantu Pada Bupati Tegal tentang maksud dan tujuan , jumlah peserta dan Sumber biaya Rakor, kemudian dilanjut dengan penyampaian materi Keterbukaan Informasi Publik.

Di samping itu juga untuk memperoleh Target Indeks Penilaian dari Cukup Informatif ( 68,55 ) menuju Informatif Keterbukaan Informasi pada pelayanan Publik dikabupaten Tegal akan diawali dengan pembenahan Badan Publik agar dilengkapi dengan akses Website yg didalamnya menyediakan Informasi secara berkala, Informasi Setiap saat, Pelaporan dan Evaluasi dan Aktivitas Media Sosial.

Sambung Kadis diskominfo, menambahkan tujuan dilakukanya Evaluasi keterbukaan Informasi dalam melaksankan Pelayanan keterbukaan informasi Publik agar Berkualitas guna meningkatkan kualitas Hidup dan kesejahteraan masyarakat” .

Menurut Dessy Arifianto S.Sos. MT banyak Kendala PPID Utama dalam melaksankan tugas dan kewenanganya antara lain PPID Pembantu belum seluruhnya menyiapkan daftar Informasi Publik, Rendahnya komitmen dari pimpinan atau atasan PPID Pembantu, belum adanya sarana dan prasrana, belum ada tenaga atau SDM yang mengelola Website dimasing-masing PPID Pembantu.

PPID Utama Dinas Komunikasi dan Informatika telah melakukan beberapa upaya yaitu menyelengarakan penilaian yang akan diikuti seluruh OPD, melaksanakan monitoring PPID Pembantu, memantau secara intens progres penyusunan DIP, Pembentukan PPID Desa dari 281 desa baru 13 desa yang membentuk yaitu Kecamatan Mardasari, menyelenggarakan rapat koordinasi pembahasan Optimalisasi PPID Pembantu, mewajibkan semua SKPD Pembantu agar segera menetapkan DIP dan menganggarkan untuk pengelola PPID.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah dalam sambutanya yang diacakan Asisten III Edy Budiyanto S.pd, Mpd, mengharapkan ada persamaan persepsi PPID untuk mencapai Keterbukaan Informasi Publik yang mendapatkan predikat Informatif di Kabupaten Tegal. Bahkan Bupati mengahrapakan OPD untuk Meng-upgrade Layanan Informasi yang mudah diakses dan Realtime.

Adapun dari Komisioner Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah Slamet Haryanto SH, menyampaikan langkah-langkah evaluasi monitoring terhadap akses keterbukaan Informasi Publik. Secara berkala pihaknya akan melakukan monitoring website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID ) Utama dan Pembantu dan uji Publik. (Ew )


Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati Tegal
ILPPD Kab Tegal


Jadwal Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020


Penutupan dan Penganugerahan Festival Film Tegal 2019 (7 Desember 2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya