DESA SIDAPURNA BERRDAYAKAN EKONOMI KERAKYATAN

DESA SIDAPURNA BERRDAYAKAN EKONOMI KERAKYATAN

Diposting pada 29 July 2020, 13:58 Oleh EW


Slawi- Camat Dukuhturi Muktarom, S.IP mengatakan, pelayanan kepada masyarakat di desa-desa di seluruh wilayah Kecamatan Dukuhturi dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Hal tersebut untuk memberikan perlindungan bagi seluruh warga agar tetap produktif dan aman covid-19.

Protokol kesehatan seperti pakai masker, pakai face shield, mencuci tangan sebelum masuk ruang pelayanan maupun pshycal distancing (jaga jarak), diterapkan dengan baik oleh seluruh perangkat desa dan warga yang mengurus keperluan di kantor / balai desa,.

Demikian dikatakan Camat Muktarom,S.IP pada talkshow ''Bincang Kreatif'' yang disiarkan secara live oleh LPPL Radio Slawi FM serta chanel youtobe pemkab tegal Selasa 28/7/2020.

Turut mendampingi Kepala Desa Sidapurna, Drs. H. Faizin. B.Sc dan Ketua BPD Wihartono.

Pada kesempatan itu Kades Sidapurna Drs. H.Faizin mengemukakan, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 lalu telah berdampak cukup besar terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali terhadap ketahanan ekonomi desa. Upaya yang dilakukan adalah

memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadikan peluang ditengah adanya pandemi ini dengan berbagai inovasi.

“BUMDes harus inovatif dan beradaptasi melihat peluang usaha yang muncul saat pandemi agar kegiatan ekonomi di desa tetap bergairah," kata kades

Menurut Kades, dalam rangka penguatan ekonomi desa, jajarannya membangun ekonomi kerakyatan menuju Sidapurna Sejahtera dengan melibatkan karang taruna serta memanfaatkan peluang dan potensi desa. Potensi Desa Sidapurna antara lain usaha dibidang pertanian bawang merah yang menjadi andalan petani Sidapurna, juga usaha dibidang perkebunan, peternakan, perdagangan, jasa persewaan dan catering aneka makanan.

Sementara itu Ketua Karang Taruna “ SAMPURA BERSATU” Wihartono yang juga Ketua BPD Sidapurna menambahkan, di masa pandemi ini permintaan pasar terhadap komoditas pertanian terutama bawang merah meningkat untuk itu pihaknya mengembangkan budi daya pertanian bawang merah serta beberapa komoditi pertanian lainnya seperti lombok, jagung manis dan lainya . “Saat ini pihaknya juga mendorong agar BUMDes terus berinovasi menyediakan sembako, terutama saat ada kegiatan Pasar Murah/Bazar," pungkasnya ( Diskominfo Kab. Tegal./Ew )


Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati Tegal
RLPPD Kabupaten Tegal 2019
Jadwal Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020


Penutupan dan Penganugerahan Festival Film Tegal 2019 (7 Desember 2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya