Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Tegal Menggelar Sosialisasi Permen PUPR Nomor 14 Tahun 2020

Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Tegal Menggelar Sosialisasi  Permen PUPR Nomor 14 Tahun 2020

Diposting pada 24 June 2020, 17:04 Oleh MR


SLAWI – Dalam menyikapi new normal, bahwa sesuai dengan tugas dan fungsi Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Tegal melaksanakan Sosialisasi Peraturan Menteri PUPR Nomor 14 Tahun 2020 secara online kepada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal menggunakan salah satu platform video conference yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal, Rabu (24/06/2020). Pada kegiatan kali ini, Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Tegal, Imam Rudy Kurnianto, S.Pt, M.Si menjadi moderator sekaligus untuk memeriksa kehadiran setiap perangkat daerah dalam mengikuti video conference tersebut.


Adapun narasumber dari Sosialisasi Peraturan Menteri PUPR Nomor 14 Tahun 2020 adalah Indro Pantja Pramodo, ST, MT selaku Kepala Subdit Sistem Penyelenggaraan Direktorat Jendral Bina Konstruksi Kementrian PUPR. Permen PUPR Nomor 14 Tahun 2020 adalah suatu regulasi yang mengatur tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi melalui Penyedia. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan setiap perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal dapat mengetahui filosofi dan urgensi standar dan pedoman pengadaan jasa konstruksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi sarana kepada pelaku pengadaan di perangkat daerah untuk meningkatkan kompetensi dalam pengadaan jasa konstruksi yang dilaksanakan melalui penyedia baik pengadaan langsung, penunjukan langsung, seleksi dan tender.


Peraturan Menteri PUPR Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia ditetapkan pada tanggal 15 Mei 2020 dan diundangkan pada tanggal 18 Mei 2020. Sehingga, pengadaan jasa konstruksi yang telah dilakukan sampai dengan tahapan perencanaan atau tahap persiapan harus menyesuaikan dengan ketentuan yang ada didalam Permen tersebut. Dalam Permen PUPR tersebut juga ditambahkan ketentuan tentang penambahan metode pemilihan untuk pekerjaan kompleks, yaitu metode prakualifikasi dan sistem harga terendah ambang batas.


Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Tegal berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memacu setiap perangkat daerah untuk melakukan percepatan pengadaan dengan perencanaan pengadaan yang lebih baik dan matang, sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tegal dapat tercapai sesuai dengan target. (MR) 


Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati Tegal
RLPPD Kabupaten Tegal 2019
Jadwal Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020


Penutupan dan Penganugerahan Festival Film Tegal 2019 (7 Desember 2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya