SEHAT DAN SELALU MOVE ON DENGAN HORMON BAHAGIA

SEHAT DAN SELALU MOVE ON DENGAN HORMON BAHAGIA

Diposting pada 04 October 2019, 09:04 Oleh Afiati HK, SKM, MPH (AAAK)



Siapa yang tidak ingin bahagia? ingin selalu memiliki aura positif seperti Boy William versi Roy Kiyoshi, atau selalu berbahagia seperti para motivator kita? Benarkah Bahagia itu sederhana? Kita harus mengelola stress, sesuai amanah PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) supaya tetap fit dan sehat. Nah bagi yang sedang Bad Mood, yang jombloer atau sedang Patah Hati, sedang kepikiran berbagai masalah berat dll yang berikut beberapa hormon yang dipercaya dapat bikin Move on kita, agar tetap bahagia


ENDORFIN


Hormon bahagia pertama yaitu hormon Endorfin memicu perasaan kita menjadi senang, nyaman, tenang dan bahagia, memproduksi imunitas tubuh tinggi sehingga dapat untuk mengurangi rasa sakit (painkiller), Zat ini bekerja seperti morfin, bahkan dikatakan 200 kali lebih kuat dari morfin. Dalam sejarahnya endorphin membantu menyelamatkan diri nenek moyang kita dari predator.


Endorfin terdiri dari neuropeptida opioid endogen, diproduksi oleh system saraf pusat dan kelenjar hipofisis, saat kita berbahagia dan cukup istirahat, membuat kita berenergi, kuat bekerja meskipun hal yang sulit, berat tetapi tetap senang melakukannnya


Cara untuk meningkatkan kadar endorfin:


1)  Berolahraga; Bisa dicoba kalau pembaca sedang stres, coba ice breaking dengan olahraga yang ritmenya cukup kencang apalagi diiringi musik pembangkit semangat jangan musik yang bikin sedih, 2) Minum Cokelat, 3) Makan makanan pedas; Lidah memiliki reseptor yang menangkap rasa pedas, kemudian otak menerimanya sebagai rasa sakit sehingga akan melepaskan hormon endorfin. Ingat ya hormon endorfin bukan buat kita merasa enak, tapi hanya bantu mengurangi rasa tidak enak kita. Halu saja …buat lumayanan, 4) Makan makanan favorit, 5)   Berhubungan intim (yang legal); Makanya bagi jobloer atau yang sedang bersedih atau patah hati tidak memiliki pasangan maka lakukan aktifitas yang safety selain  sex (Karena belum ada pasangan resmi) seperti mendengarkan musik, ikut kelas olahraga, makan cabai (makanya banyak cewek suka pedas), dan 6) mencoba akupuntur. Regulernya bisa substitutif Lo ….



Gambar 1 : Olah Raga Pagi



OKSITOSIN


Hormon bahagia berikutnya adalah Oksitosin, maka untuk itu jika ingin bahagia selalu, maka harus selalu ada Oksitosin di dalam tubuh kita, seperti halnya dulu mana ayam dan telur Oksitosin dulu baru bahagia atau bahagia dulu baru keluar oksitosin. Hormon yang juga dikenal dengan hormon cinta ini berperan penting dalam hubungan percintaan, melahirkan, keintiman dan kepercayaan seseorang, respon emosi juga membangun ketenangan, dan stabilitas psikologi (meningkatkan perasaan positif dan kecakapan sosial, membuat kita merasa aman dan bak-baik saja), hormon ini juga memicu produksi air susu ibu. Sehingga bagi ibu-ibu yang masih menyusui direkomendasikan untuk selalu bahagia, bisa juga disekresikan melalui pijat oksitosin keluarga sendiri maupun ibu bidan dan tenaga kesehatan.


Hormon oksitosin berada dalam hipotolamus pada otak., dikeluarkan oleh kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak. Meskipun sejatinya hormon ini disekresikan dari sentuhan fisik, tetapi kita dapat memproduksi atau meningkatkan hormon ini melalui beberapa aktifitas yaitu :


1)      Bermain dengan anak-anak  2) Ngobrol dengan kakek nenek 3) Merawat hewan


4)    Membantu orang-orang yang kesulitan, memberikan pujian orang lain, tersenyum 5) Pijat, spa, creambath 6) Mandi Air hangat 7) Menonton film, 8) Mendengarkan 9) musik


Dengan menyentuh, memeluk, mengusap orang yang Kitacintai, juga  berhubungan (yang resmi) (terutama di pagi hari seperti dikutip dari Debby Herbenick, Ph.D. Penulis Because It Feels Good, WomanhealthMag) akan meningkatkan hormon oksitosin pada kedua belah pihak.


 

Gambar 2 : Relaksasi Okstirosin



SEROTONIN


Hormon bahagia berikutnya yaitu Serotonin, yaitu hormon yang berperan sebagai pembawa sinyal antarjaringan saraf. Berdampak pada mood, be move on, merasa lingkungan kondusif secara psikologi bagi diri, (tidak emosional, menyenangkan, nyaman, senang, ramah, suka bergaul), mengkondusifkan suasana hati, dan mencegah depresi (selalu happy).


Kadar serotonin rendah dapat gagal fokus, sulit mengerjakan tugas, kelelahan kronis, mudah terobsesi seperti keadaan orang sedang Obssesive Compulsive Disorder (OCD)…Orang yang sedang jatuh cinta ditengarai mirip dengan penderita OCD ini karena selalu terobsesi, ngantuk tak bisa tidur lapar tak ingin makan, selalu terbayang-bayang si dia, hayoo siapa yang sedang seperti ini? Kebalikannya pada orang yang sedang bersedih, patah hati gairah seksual rendah, merasa kesepian, bahkan menarik diri dari lingkungan sosial.


Harmon ini merupakan neurotransmitter, hormon serotonin akan berdampak kepada fungsi organ-organ lainnya seperti saluran pencernaan, pembekuan darah, kepadatan tulang, mual, dan fungsi seksual. Serotonin diperoleh dari membangun hubungan. Membuat lingkungan bangga pada kita, mendapat pengakuan, dianggap penting (tapi bukan merasa penting, bahasa Jawanya Aja rumangsa tapi ngrumangsani, OK) dan merasa percaya diri (asal jangan kePedean). Aktifitas yang dapat dilakukan untuk bisa bahagia :


1)      Membangun komunikasi dengan orang lain; bisa dengan tatap muka atau minimal telpon (denger suara) saat lagi kerja. Copy darat, tatap muka (ternyata jauh lebih berpoint daripada melalui sosmed, email, dan chat), mengingat momen bahagia di masa lalu dan pandai bersyukur. Yang LDR tetap semangat yaaa….2) Berada di bawah sinar matahari sehingga membantu memperoleh vitamin D, 3) Menghipnotis diri seakan kita bahagia, pasti akan mendapat ganti yang lebih baik, hipno bahwa pasti akan sukses maupun mengenang saat yang membahagiakan, mengingat hal yang lucu, 4) ME TIME; meningkatkan konsentrrasi dan produktifitas, to recharge your mind, energy, mood and health, 5)  Memaafkan kesalahan orang lain, mengikhlaskan, 6) Tersenyum (asal jangan sendirian nanti dikira …….) 7) Memberikan pujian untuk orang lain, 8) Mengkonsumsi jagung, kacang-kacangan dan biji-bijian juga susu karena mengandung tryptophan sebagai dasar serotonin, susu dapat menenangkan tubuh, sehingga biasanya orang yang sulit tidur dianjurkan minum susu sebelum tidur, 8) konsumsi keju, nanas, tahu.. 9) Makan buah alpukat dan salmon yang banyak mengandung omega_3 (baik untuk kesehatan otak dan mengatur suasana hati), juga vitamin B3, 10) Tomat chery, papaya merah atau buah lain yang kaya lycopene mengandung antioksidan dan mengurangi depresi karena kandungan vitamin C yang besar, 11) Makan di luar (bisa yang mengandung karbo tapi tidak kebanyakan), 12) minum kopi atau coklat, 13) es cream 14) Olah raga ringan, aerobik, bersepeda, 15) yoga, juga  16) pijat


    


Gambar 3. Kopi dan Buah-buahan kaya lycopen (warna merah)


DOPAMIN

Selanjutnya hormon bahagia yaitu hormon dopamine, Selanjutnya hormon bahagia yaitu hormon dopamine,merupakan kimiawi organik yang memiliki peran penting pada otak dan tubuh secara keseluruhan. Dopamin memicu rasa gembira dan percaya diri ketika kewajiban selesai dikerjakan, sehingga merangsang semangat untuk mencapai tujuan, akan memotivasi mewujudkan keinginan, memenuhi kebutuhan, waspada dan konsentrasi/ fokus pada pekerjaan.


Dopamin memicu vasodilator pada pembuluh darah (melebar). Pada orang yang sedang jatuh cinta dapat memiliki energi yang besar, menjadi gembira, hilang selera, meningkatkan aktivitas mental, menunda rasa lelah, menurunkan kebutuhan tidur, dan meningkatkan fokus perhatian, dan berani mengambil risiko tinggi demi cintanya (pembaca ada yang sedang seperti ini kah?).


Kekurangan hormon ini bisa membuat kita sulit konsentrasi, suasana hati memburuk, dan merasa kurang perhatian, penundaan, keraguan, dan kurangnya antusiasme.


Bagaimana caranya mendownload hormon dopamin? Presentasikan di papan kerjaan yang sudah kelar, sekecil apapun bagian yang udah dikerjain, ga masalah. Rasanya akan sangat puas. Visualisasikan impian sejelas-jelasnya, sampai kita bisa lihat-dengar-rasakan impian itu seakan nyata. Bercumbu dengan pasangan (legal) ditengarai juga dapat memicu sekresi dopamine.


 Cara untuk meningkatkan kadar dopamine kita :


1)      Tetapkan tujuan harian atau bulanan; Hal ini membuat Kita fokus mengetahui hal apa yang ingin Kita capai minggu ini atau bulan ini. Membuat perencanaan dan target Makanya dengan membuat perencanaan disebut telah 50% mencapai tujuan. Sederhana saja dengan selalu mencuci piring sehabis makan, membersihkan tempat tidur setiap pagi, atau membaca satu buku sehari (untuk yang muslim baca Al Qur”an walau sedikit per hari) dan sebagainya; 2) Selain itu, menemukan hal baru, membuat daftar kegiatan harian, 3) Mendengarkan musik, 4) Cukup tidur, 5) Membuat prakarya 6) Berolahraga, 7) Konsumsi buah pisang, blueberry, stroberi, dan plum (karena mengandung tirosin untuk memproduksi dopamin); 8) Konsumsi alpukat, ikan tuna, dan bayam (karena mengandung B6 untuk meningkatkan dopamine), 9) Konsumsi makanan yang kaya protein seperti, almond, avokad, pisang, daging sapi, ayam, cokelat, kopi, semangka, yogurt, kentang, brokoli, ikan, dan telur, 10) Mengurangi lipopolisakarida (tidak mengonsumsi makanan berlemak dan manis terlalu banyak) karena menghambat produksi dopamine, 11) Konsumsi ginkgo biloba, kurkumin, l-theanine, dan asetil-l-tirosin.


PHENYLETHAMINE


Biasanya, ketika kita memulai sebuah hubungan yang spesial dengan seseorang, maka tubuh akan melepaskan hormon ini. Jadi kita akan merasa bahagia, senang, dan berbunga-bunga. Cokelat memiliki hormon ini sehingga dengan mengonsumsinya, Kitaakan merasa lebih senang. Tidak heran bila banyak perempuan suka dengan cokelat.


GHRELIN


Hormon ini merupakan hormon yang bisa mengurangi stres dan dapat membantu Kitamenjadi lebih rileks. Ghrelin dilepaskan ketika kita lapar sehingga membuat kita ingin mengonsumsi lebih banyak makanan (normal ya). Namun tetaplah menjaga makanan dan konsumsi yang sesuai kebutuhan tubuh saja sudah cukup. ME TIME juga bisa memproduksi hormon Grelin.


Jadi menjadi bahagia itu penting, dan bahagia bisa diciptakan jika memang belum dapat didapatkan secara alami. Karena hormon juga akan berdampak kepada fungsi organ-organ lainnya seperti saluran pencernaan, pembekuan darah, kepadatan tulang, mual, dan fungsi seksual. Hal ini mengapa orang yang bahagia bisa memperlama osteoporosis, dan jauh dari psikosomatis.


Begitu banyak manfaat hidup bahagia, sampai dapat membuat orang yang sakit terutama penyembuhan paliatif dapat menciptakan daya tahan atau imunitas tubuh, serta mengurangi rasa sakit yang alami  karena layaknya memakai morfin..  Sebaliknya orang yang sedang stress berat, mengakibatkan perlemakan pada pinggang sedangkan pada orang yang patah hati akut maupun kronis dapat kehilangan imunitas tubuh sehingga dapat terjadi manifestasi klinis yang nyata seperti reaksi-reaksi alergi, demam, sampai biduran.


Beberapa makanan dan aktifitas dapat membantu menciptakan hormon bahagia, seperti cokelat dapat mensekresi hormon endorphin, dopamine, serotonin dan Phenylethamine, Minuman Kopi dapat mensekresi hormon serotonin, Dopamin, makanan lain seperti yang direkomendasikan, Berolahraga, Hormon dopamin, akan meningkat bersama-sama dengan serotonin dan endorphin. Juga Me Time (menyenangkan diri sendiri). Yang paling mudah dan murah adalah dengan banyak bersyukur apapun kondisi kita serta ikhlas dalam hidup.


Sumber :


https://womantalk.com/health/articles/kenali-5-hormon-yang-membuat-anda-bahagia-xO0E8

https://www.brilio.net/creator/sebenarnya-hormon-apa-sih-yang-buat-kita-merasa-bahagia-021539.html

https://metimeforwomen.wordpress.com/2014/05/10/me-time-adalah/

https://doktersehat.com/cara-bahagia/

https://bali.tribunnews.com/2019/03/30/tingkatkan-hormon-bahagia-dengan-mengonsumsi-5-jenis-makanan-ini-cokelat-dan-susu?page=2

https://www.liputan6.com/health/read/2158256/ini-hormon-yang-memengaruhi-kebahagiaan-anda

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/mengenal-4-hormon-pemicu-bahagia

https://www.kubikleadership.com/4-hormon-untuk-kerja-bahagia/



Re-write :

Afiati HK, SKM, MPH (AAAK)

NIP 19741112 200604 2 012

RSUD Suradadi Kabupaten Tegal

Bagian dari HAKLI, IAKMI Kab Tegal, PERSAKMI Jawa Tengah, IAPI dan PAMJAKI, Lipstinc-er Online



ILPPD Kab Tegal


Streaming KABUKU Edisi 120 : SDM Unggul Indonesia Maju (12-08-2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya