Menjadi Programmer Tidaklah Sulit

Menjadi Programmer Tidaklah Sulit

Diposting pada 08 December 2020, 13:23 Oleh Yusuf Adi Mirzaman, S.Kom


Banyak orang mengira bahwa menjadi programmer adalah hal yang sulit. Padahal pada kenyataannya tidak begitu. Programmer pada umumnya bekerja sesuai dengan referensi yang mereka temukan kemudian mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Pengetahuan yang mereka dapatkan ketika belajar memudahkan mereka untuk menulis ulang dan mengubahnya menjadi versi mereka sendiri. Ada beberapa versi programmer dalam menulis kode program yaitu:

1. Menulis ulang kode program

Cara ini biasanya dipakai untuk orang-orang yang sedang belajar menjadi programmer. Mereka menulis ulang persis seperti yang diajarkan oleh pengajar. Berbeda dengan menyalin, mereka dipaksa untuk menulis / mengetik ulang kode programnya. Ini salah satu cara untuk melatih ketelitian dan melatih debugging (debugging atau pengawakutuan adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk menganalisis alur kerja program, mencari dan mengurangi kutu, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga dapat bekerja sesuai dengan harapan (wikipedia).). Ketika mereka masih belum terbiasa dengan cara ini maka mereka akan kesulitan untuk ke tahap berikutnya. Namun banyak dari mereka yang meremehkan tahap ini sehingga mereka cenderung gagal dan akan sia-sia jika memaksakan maju ke tahap berikutnya.

2. Menulis ulang dan mengubah kode program

Ketika programmer sudah terlatih ketelitiannya dan bisa mengatasi error pada kode program, mereka ditantang untuk menulis ulang dan mengubahnya menjadi versi mereka sendiri. Cara ini menandakan bahwa mereka sudah memahami apa yang mereka tulis. Tingkat kemahiran mereka juga dilihat dari seberapa banyak yang bisa mereka ubah serta melihat keautentikan kode programnya karena setiap programmer pasti memiliki gaya tersendiri dalam menuliskan kode program.

3. Menulis sendiri kode program

Cara terakhir adalah untuk para programmer dengan pengalaman dan jam terbang tinggi. Pada tingkat ini berarti programmer bukan hanya mampu membuat sebuah aplikasi / program namun juga mampu membuat framework versi mereka sendiri. Framework sendiri adalah suatu kerangka kerja untuk memudahkan programmer dalam mengembangkan atau membangun aplikasi.

Programmer biasanya berada di tingkat dua yaitu menulis ulang dan mengubah kode program. Mereka sudah disediakan framework yang ingin dipakai. Cara menggunakan framework tersebut juga sudah tersedia di dokumentasinya serta contoh projek juga sudah banyak tersedia di platform digital. Programmer hanya perlu menyalin dan mengubah kode program yang mereka lihat dan mengubahnya sesuai dengan projek yang dikerjakan.

Jika dilihat dari cara menulis kode program, menjadi seorang programmer tidaklah sulit bagian yang sulit dari menjadi programmer adalah menemukan logika yang cepat untuk mengeksekusi suatu perintah pada aplikasi yang dibangun. Mungkin dari awal mengerjakan projek, kode program akan terasa berantakan dan logika yang masih belum sempurna. Namun hal ini tidak akan berpengaruh pada aplikasi yang dibangun selama semua fungsi dan modul bekerja dengan semestinya dan ketika seseorang bisa membangun aplikasi sesuai dengan kebutuhan klien berarti dia sudah sah menjadi programmer. Seiring berjalannya waktu, programmer akan menemukan cara penulisan kode program yang lebih rapi dan logika yang lebih cepat. 


Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati Tegal
RLPPD Kabupaten Tegal 2019
Pengumuman Pemenang Lomba Logo Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal Tahun 2021
Penutupan dan Penganugerahan Festival Film Tegal 2019 (7 Desember 2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya