Artikel

Mengelola Bisnis dengan WhatsApp Business

Mengelola Bisnis dengan WhatsApp Business

Diposting pada 03 December 2020, 09:45 Oleh Yusuf Adi Mirzaman, S.Kom


WhatsApp adalah aplikasi chat yang sangat populer. Berdasarkan data pada bulan Desember 2020, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 miliar. Terlepas dari berbagai isu keamanan, WhatsApp tetaplah menjadi pilihan utama untuk sebagian besar orang. WhatsApp memang memiliki fitur-fitur yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dan mudah digunakan sehingga banyak orang yang tertarik. Setelah WhatsApp di akuisisi oleh Facebook, WhatsApp berkembang pesat dengan menghadirkan berbagai fitur menarik salah satunya adalah WhatsApp Business.

WhatsApp Business adalah aplikasi terpisah dari WhatsApp yang fungsi utamanya masih ada di WhatsApp Business. WhatsApp Business bisa memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan usahanya dengan berbagai fitur yang dimiliki. Kita bisa membuka fitur bisnis dengan sentuh ikon dan pilih fitur bisnis. Berikut adalah fitur bisnis yang dimiliki oleh WhatsApp Business.




  1. Profil Bisnis

Profil bisnis adalah fitur untuk mengatur foto profil usaha, nama usaha, alamat usaha, jam kerja dan yang paling menarik adalah fitur katalog. Fitur katalog bisa digunakan untuk mengunggah produk-produk yang dijual lengkap dengan nama, harga, dan deskripsi produk.

Ketika pelanggan melihat profil kita otomatis bisa melihat katalog produk yang sudah diunggah. Kita juga bisa membagikan katalog yang sudah ditambahkan dengan ikon dan kita bisa langsung membagikan dengan kontak yang sudah, menyalin tautan atau kita bisa membagikan tautan di platform lain.

  1. Pesan Di Luar Jam Kerja

Kita bisa mengaktifkan fitur pesan di luar jam kerja ketika kita sudah tidak melayani pelanggan. Fitur ini bisa mengirimkan pesan secara otomatis dengan pesan yang sudah diatur sebelumnya. Selain pesan, kita juga bisa mengirimkan jadwal jam kerja yang sudah diatur pada profil bisnis ketika fitur ini diaktifkan. Kita juga bisa mengatur siapa saja yang bisa menerima pesan tersebut apakah semua orang atau sebagian orang saja.

  1. Salam

Salam adalah fitur untuk membalas otomatis kepada pelanggan yang baru pertama mengirim pesan atau setelah 14 hari tidak mengirim pesan. Kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini dengan pesan yang sudah kita atur. Kita juga bisa mengatur siapa saja yang bisa menerima pesan ini.

  1. Balas Cepat

Fitur ini memungkinkan kita untuk membalas pesan default hanya dengan mengetikkan satu kata saja dengan diawali “/” pada karakter pertama misalnya kita mengetikkan /terimakasih sistem akan otomatis menampilkan pesan yang sudah kita atur sebelumnya di kolom chat. Fitur ini sebenarnya sangat membantu bagi pelaku usaha yang sudah memiliki banyak pelanggan namun sayang fitur ini hanya bisa menampilkan satu pesan saja, tidak bisa kita tambahkan hanya bisa merubahnya saja.

  1. Label

Fitur ini berguna untuk memberikan label pada pelanggan. Ada lima label yang sudah disediakan yang masing-masing mempunyai warna berbeda, yaitu biru untuk pelanggan baru, kuning untuk pesanan baru, merah untuk menunggu pembayaran, ungu untuk telah membayar dan hijau untuk pesanan selesai. Label ini bisa membantu kita menandai pesan satu persatu agar kita tidak bingung dalam melihat pesan dan tidak perlu membuka pesan satu persatu.

  1. Tautan Pendek

Tautan pendek berguna untuk mengundang pelanggan agar bisa memulai chat hanya dengan klik tautan tersebut dan tidak perlu menyimpan nomor kontak terlebih dahulu. Tautan tersebut juga bisa kita sematkan di profil media sosial kita atau bisa dibagikan langsung ke berbagai platform dengan pilih bagikan tautan. Selain tautan juga disediakan QR Code yang bisa di-scan untuk langsung memulai obrolan.

  1. Akun Tertaut

Fitur ini berguna untuk menghubungkan WhatsApp Business dengan akun Facebook dan Instagram dengan begitu pelanggan bisa dengan mudah melihat akun Facebook kita ataupun Instagram.

Itulah beberapa fitur bisnis yang bisa kita coba secara gratis di aplikasi WhatsApp Business. Jika kita menggunakan aplikasi ini, kita juga bisa menggunakan dua nomor yang berbeda supaya bisa menggunakan WhatsApp pada perangkat dan waktu yang sama.

Aplikasi WhatsApp ini diharapkan bisa memudahkan 


Pengumuman Pemenang Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I Kabupaten Tegal 2021
RLPPD Kabupaten Tegal Tahun 2020
Pengumuman Pemenang Lomba Logo Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal Tahun 2021
Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan 2021