Dota 2 Game Moba dengan Kompleksitas Tinggi

Dota 2 Game Moba dengan Kompleksitas Tinggi

Diposting pada 21 September 2020, 08:06 Oleh Yusuf Adi Mirzaman, S.Kom


            Dota 2 merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne. Kemudian pada tahun 2013 Dota dikembangkan oleh Valve dan menjadi Dota 2 yang bisa dimainkan secara gratis melalui distributor resminya yaitu Steam (dikutip dari id.wikipedia.org). 

Dota 2 adalah game dengan bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang memungkinkan pemain akan dipertemukan dengan pemain lainnya secara online. Satu tim dota beranggotakan 5 pemain dengan role yang berbeda yaitu carry, midlaner, offline, semi support, dan hard support. Tim dibagi menjadi dua yang markasnya di tiap pojok peta yaitu Radiant di sebelah kiri bawah dan Dire di sebelah kanan bawah. Tiap tim mempertahankan Ancient di markas mereka, jika Ancient hancur maka tim akan kalah. Tim akan dibantu dengan Creep dan Tower yang membantu mempertahankan Ancient. Creep akan keluar dari barak yang berada di markas dan akan berjalan ke arah markas lawan di tiap lane yaitu lane atas, lane tengah, dan lane bawah. Setiap lane ada dua Tower sehingga total tower di luar markas ada enam Tower, sedangkan di markas ada lima Tower sehingga total setiap tim ada 11 Tower. Barak sendiri ada dua buah di tiap lane yang berada di markas sehingga jumlah barak ada enam buah, jika semua barak hancur maka Creep lawan akan menjadi Mega Creep yaitu Creep akan menjadi lebih besar dan kuat.

Selain building tersebut, ada building yang berada di jungle yaitu Outpost. Semua building bisa dihancurkan oleh musuh namun Outpost tidak bisa dihancurkan, hanya saja Outpost bisa diperebutkan. Jika Outpost berhasil direbut, tim akan mendapatkan keuntungan berupa tambahan XP, mendapatkan AoE truesight di sekitar Outpost, dan bisa melakukan teleport ke Outpost tersebut. Selanjutnya yang biasa diperebutkan oleh kedua tim yaitu Roshan. Roshan adalah sesosok monster yang mempunyai item Aegis of Immortal yang membuat hero bisa hidup dua kali dan akan hidup kembali di tempat dia mati. Roshan akan terus respawn setelah dikalahkan dengan durasi 8-11 menit. Selain Aegis of Immortal ada beberapa item lagi yang bisa didapatkan dari mengalahkan Roshan yaitu Cheese, Aghanim’s Blessing, dan Refresher Shard.

Dota 2 memiliki berbagai pilihan hero. Jumlah hero pada saat artikel ini ditulis adalah 119 hero yang dibagi menjadi tiga yaitu strength dengan 39 hero, agility dengan 37 hero, dan intelegent dengan 43 hero. Setiap tim harus tepat dalam memilih hero sehingga kelima hero tersebut bisa membuahkan combo yang mematikan untuk mengalahkan lawan. Combo yang dihasilkan bisa dilawan dengan memilih hero yang menjadi lawan alami dari hero lawan atau bisa dengan membuat combo tandingan.

Selain memiliki hero yang begitu banyak dan akan kemungkinan akan terus bertambah, Dota 2 juga memiliki banyak item yang bisa digunakan pada saat bermain. Item yang dimiliki Dota 2 yaitu sebanyak 154 item yang dibagi menjadi dua jenis basic dan upgrade. Item basic adalah item yang dibeli pada early game dan bisa di-upgrade dengan mengkombinasikan berbagai item basic. 

 Dota 2 menuntut pemainnya memiliki strategi yang bagus untuk mengalahkan lawan. Ada ribuan kombinasi yang bisa digunakan dalam memilih hero. Jika satu pemain saja salah memilih hero, maka akan mengacaukan strategi dan satu tim akan terkena dampaknya. Pada saat bermain pun ada berbagai macam kombinasi untuk memilih item tergantung dengan kondisi. Pemain diharuskan mengambil keputusan yang tepat dalam memilih item karena hero lawan akan lebih mudah dikalahkan dengan pemilihan item yang tepat. Pemilihan hero yang tepat akan terasa percuma jika pemain salah dalam memilih item. 

Saat permainan berlangsung, pemain juga harus menaikkan level salah satu skill setiap kenaikan level pada hero yang dimainkan hal ini berlangsung sampai level 18 sampai semua skill mencapai level maksimal namun ada beberapa hero bisa lebih dari 18 level untuk menyelesaikan semua skill. Diantara skill yang dimiliki ada satu skill ultimate yang hanya dinaikkan levelnya ketika hero mencapai level 6 dan kelipatannya. Selain itu juga ada empat talent dari delapan yang dipilih pada saat hero mencapai level 10, 15, 20, dan 25 namun semua talent akan terbuka saat hero mencapai level 30 (maksimal). Talent sendiri adalah kemampuan tambahan yang akan dimiliki oleh hero di luar skill yang dimiliki.

Pada saat memainkan Dota 2 semua harus dipikirkan mulai dari pemilihan hero, pemilihan item, dan saat menggunakan skill. Penggunaan skill harus dengan timing yang tepat supaya combo bisa berjalan dengan baik jika tidak tim harus mundur mengulang strategi kalau tidak tim akan kalah perang. Banyak faktor untuk bisa memenangkan perang saat bermain Dota 2 bisa dengan menjaga carry supaya bisa farming dengan tenang, hal ini tergantung dengan teman-teman satu timnya apakah bisa menahan lawan sampai ke mid game atau tidak. Salah satu cara paling penting adalah selalu memasang ward di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh musuh sehingga carry bisa terhindar dari ganking. Melakukan ganking pada carry lawan bisa dilakukan supaya carry lawan tidak bisa farming sehingga perang akan lebih mudah. Melakukan rat pushing atau melakukan push lane tanpa diketahui lawan. Hal ini bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian musuh sehingga mereka bisa teralihkan pada lane yang terus di-push dan tidak bisa melakukan ganking. Selain tiga strategi tersebut, masih banyak strategi yang bisa dilakukan tergantung situasi pada saat permainan.

Dota 2 adalah game free to play atau game gratis yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Meskipun banyak game gratis namun sejatinya game tersebut pay to win yaitu jika pemain ingin menang disarankan untuk membeli item-item pendukung untuk menambah status pada karakternya seperti membeli senjata untuk menambah damage dari karakter tersebut. Berbeda dengan Dota 2 yang murni mengandalkan skill dari pemain itu sendiri. Sekarang memang ada fitur berbayar yaitu Dota Plus yang bisa menjadi asisten untuk pemain dalam bermain game seperti saran hero dan saran item untuk dipilih namun itu tidak menjamin pemain akan memenangkan game tersebut karena semua kembali pada skill pemainnya.

Valve selaku pengembang dota 2 terus berusaha untuk mengembangkan dota 2 supaya menjadi lebih baik lagi. Hal ini juga yang membuat para pemain tidak merasa bosan dengan game play yang monoton. Perkembangan yang paling signifikan adalah pada patch 7.0 seperti munculnya hero baru yaitu Monkey King, perubahan pada interface in game, perubahan pada map dan remodel beberapa hero. Sampai sejauh ini dota 2 terus dikembangkan serta nerf dan buff pada beberapa hero untuk menyeimbangkan permainan. Para player dota 2 pasti berharap valve akan terus mengembangkan dota 2 menjadi lebih baik lagi dan bukan tidak mungkin adanya dota 3 mendatang.


Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati Tegal
RLPPD Kabupaten Tegal 2019
Jadwal Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020


Penutupan dan Penganugerahan Festival Film Tegal 2019 (7 Desember 2019)

Link Pemerintahan


Link Lainnya