♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Manfaat Program JKN KIS Semakin Luas

2018-08-03 08:28:27


Slawi - Adanya program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Program ini membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

Keikutsertaan masyarakat dalam JKN-KIS sangatlah penting. Karena penyelenggaraan Program JKN-KIS berlandaskan asas gotong royong yang berkeadilan bagi seluruh penduduk Indonesia sesuai dengan kultur budaya bangsa.

"Terdapat mekanisme subsidi silang pada program ini, dimana peserta yang sakit, yang muda mensubsidi yang sudah tua," tutur Plt Bupati Tegal, Umi Azizah, saat membuka acara senam sehat kolosal BPJS Kesehatan di Lapangan Pemkab Tegal, Minggu (29/7).

Umi menjelaskan, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan, agar peserta JKN memperoleh manfaat perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan dan diberikan kepada mereka telah membayar iuran atau iurannya sudah dibayarkan oleh Pemerintah.

"Program JKN bersifat wajib bagi seluruh penduduk Indonesia maupun penduduk asing yang tinggal minimal enam bulan di wilayah NKRI," jelasnya

Lebih lanjut, peserta JKN-KIS terbagi menjadi 2 golongan. Yaitu peserta penerima bantuan iuran (PBI) dan peserta bukan penerima bantuan iuran (non PBI). Peserta penerima bantuan adalah peserta JKN-KIS yang kurang mampu, sehingga iurannya ditanggung oleh Pemerintah dan pemerintah daerah. Sedangkan untuk non PBI iurannya dibayar sendiri oleh lembaga kerja maupun individu.

"Keduanya mendapat fasilitas yang sama sesuai besaran iurnya, tidak ada perlakuan diskriminatif yang membedakan," tegasnya.

Umi menghimbau kepada masyarakat yang belum mengikuti kepesertaan JKN-KIS untuk segera mendaftar sebelum tanggal 1 Januari 2019.

"Agar program JKN-KIS berjalan dengan optimal, saya berpesan untuk seluruh elemen masyarakat supaya aktif membayar iuran setiap bulannya," tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal Adelardus Hari Prasetya, mengatakan sesuai Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Merupakan lompatan besar dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan yang akan mencakup seluruh penduduk Indonesia.
Adelardus juga menyampaikan, bahwa BPJS Kesehatan telah menggunakan aplikasi mobile JKN melalui smartphone sebagai one stop service point.

"Pelayanan BPJS Kesehatan dapat diselesaikan melalui smartphone. Artinya, kantor BPJS Kesehatan berada dalam genggaman anda," terangnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi, Plt. Bupati Tegal Tekankan Semangat Kebangsaan

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Kekeringan, Pemkab dan Bazda Salurkan Puluhan Tangki Air Bersih

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Empat Kloter Jamaah Calon Haji Kabupaten Tegal Bertolak ke Donohudan

SLAWI - Empat kelompok terbang (Kloter) Calon jamaah haji asal Kabupaten Tegal diberangkatkan menuju Asrama Donohudan Solo, Jawa Tengah.

24 Puskesmas Di Kabupaten Tegal Siap Melayani LOAKK

SLAWI- Duapuluh empat puskesmas di Kabupaten Tegal, siap membantu masyarakat dalam pemenuhan hak kependudukan dengan mempercepat perolehan akta kelahiran dari anak yang baru lahir melalui program LOAKK.

Plt Bupati Tegal Resmi Buka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018

SLAWI - Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Tegal, Umi Azizah, di Desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang, Selasa (10/7).

Berita lain

Tanggal berita : 2018-08-21 08:30:31

SLAWI - Sebanyak 188 narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IIB Slawi mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman di Hari Kemerdekaan RI ke 73, Jumat (17/8).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:28:57

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:26:13

SLAWI - Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia, Pemkab Tegal menggelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Persada Kajen Lebaksiu, Tegal, Jumat (17/8) pukul 00.00 WIB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:22:08

SLAWI - Persatuan dan kesatuan harus kita jaga, karena persatuan merupakan aset terbesar Bangsa Indonesia. Semangat nasionalisme juga harus kita rawat, kita bina dan tularkan kepada anak cucu kita.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:40:51

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menggelar Operasi Penertiban Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) Senin (6/8) malam di wilayah Kota Slawi dan sekitarnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:39:25

SLAWI - Kontingen Pramuka Kwarcab Tegal berhasil menorehkan prestasi tingkat Jawa Tengah di ajang Lintas Medan Ubaloka (LMU) III dan Gladi Widya Cakra Adi Birawa yang digelar 1-5 Agustus 2018 di Puskepram Semarang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:46:42

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal akan segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 116 desa pada tanggal 17 Desember 2018 mendatang. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:44:47

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-06 16:24:21

SLAWI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal melaunching aplikasi sistem informasi sekolah berbasis Android pada Kamis (2/8) di Aula Dinas Dikbud. Kegiatan dihadiri Plt Bupati Tegal Umi Azizah, Sekretaris Dinas Dikbud H Ahmad Wasyari dan Kepala Bidang dilingkungan Dinas Dikbud.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-03 08:29:38

SLAWI - Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan untuk pembangunan dua rumah milik warga Desa Kreman Kecamatan Warureja yang ludes terbakar.  Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Bazda Kabupaten Tegal Hj Umi Azizah, Ahad (29/7).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017