♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Wakili Plt Bupati Tegal, Kabag Kesra Lepas Kontingen Kemah Pramuka Santri

2018-07-09 13:13:32


SLAWI - Pelaksana Bupati Tegal Hj Umi Azizah diwakili Kabag Kesra Fakihurrohim melepas Kontingen Kabupaten Tegal yang akan mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara tingkat Kwarda Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal 9 - 11 Juli 2018 mendatang.

Pelepasan kontingean dilakukan di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal, Jumat (7/7). Hadir dalam kesempatan itu Perwakilan Kemenag Kabupaten Tegal, Bagian Kesra Setda Tegal dan Pengurus Kwarcab Tegal.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Umi Azizah yang dibacakan Fakih menyampaikan apresiasi kepada peserta dikalangan santri yang masih mencintai pramuka. Menurutnya dalam pandangan Islam modern, konsep santri tidaklah sekaku yang selama ini kita persepsikan bersarung, berpeci, pernah mukim di pesantren mengkaji ilmu agama dan sebagainya.

"Untuk itu, saya memandang bahwa keikutsertaan kontingen Kabupaten Tegal pada pelaksanaan kemah santri ini adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan pola pikir anak-anak kita, membangun karakter dan budi pekerti anak-anak, santri adalah bagian dari NKRI yang disatukan oleh kesatuan ideologi anak bangsa yang terdiri dari beragam suku, budaya, agama, ras dan golongan," paparnya.

Dikatakan, semangat kebangsaan dan ke-ika-an itulah yang kemudian melandasi pemikiran Kiai Wahab atas bimbingan mbah Hasyim Asy'ari mencetuskan adagium hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air bagian dari iman dan menggubah lagu bertajuk "Syubanul Wathan" sebagai upaya sekaligus pesan kepada generasi penerus untuk terus merawat nasionalisme, mengembangkan jiwa patriotisme dan memperkuat kesetiakawanan sosial.

Pada kesempatan ini, Fakih berpesan kepada seluruh kontingen untuk memanfaatkan kesempatan kemah santri ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri, memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan sikap nasionalisme.

"Saat pelaksanaan kegiatan, tunjukkan kemampuan dan keterampilan kalian dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas serta mengedepankan akhlakul karimah, jaga kebersamaan dan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari budayakan perilaku bertegur sapa dan jaga kebersihan," tegasnya.

Pimpinan Kontingen Kemah Santri Kemenag Kabupaten Tegal, Haryono didampingi Septi Kusuma Putri menjelaskan, Kabupaten Tegal mengirimkan 20 Pramuka Santri dalam ajang Kemah Pramuka Santri Nusantara tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ponpes Darul Amanah Kabupaten Kendal.

"Kontingen terdiri dari 10 Penegak Putra dan Penegak Putri. Mereka berasal dari 2 Pondok Pesantren yakni Ponpes Hasyim Asy'ari Tarub dan Ponpes Darul Mujahadah Margasari," terangnya

Dia menambahkan, Kemah Pramuka Santri Nusantara akan diisi beragam kegiatan diantaranya lomba film pendek, lomba eksposur teknologi santri, lomba kuliner daerah, lomba pionering aplikatif, lomba k3 dan pentas drama.

"Ada juga kegiatan wawasan seperti halaqoh bersama Kanwil Kemenag Jateng, Kwarda Pramuka Jateng dan Bupati Kendal serta karnaval budaya islami," imbuhnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

Sekda Kab Tegal Terima Penghargaan Lencana Melati Pramuka

SLAWI -  Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dokter Widodo Joko Mulyono mendapatkan anugerah penghargaan Satya Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault.

Plt Bupati Tegal : Pramuka Lahirkan Tokoh Besar

SLAWI - Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) VII Kwarda Jawa Tengah yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal resmi dibuka, Minggu (16/9) malam. Peresmian pembukaan ditandai penekanan tombol sirine oleh Plt Bupati Tegal Umi Azizah yang diikuti pesta kembang api.

Gandeng OJK, Pemkab Tegal Luncurkan Kredit Berkah Melawan Rentenir

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal, melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD), meluncurkan Kredit Berkah melawan rentenir, Senin (27/8) di Gedung Dadali Pemkab Tegal.

Pemkab Tegal, Kawal Pengelolaan Keuangan Pemdes

SLAWI - Agar pengelolaan keuangan pemerintah desa lebih bisa dipertanggungjawabkan dan transparan, Pemerintah Kabupaten Tegal berkomitmen untuk terus berupaya melakukan pembinaan. Sehingga hasil-hasil pembangunan desa lebih bisa dinikmati pemanfaatannya oleh masyarakat. 

Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi, Plt. Bupati Tegal Tekankan Semangat Kebangsaan

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Berita lain

Tanggal berita : 2018-09-24 15:57:25

SLAWI -  Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dokter Widodo Joko Mulyono mendapatkan anugerah penghargaan Satya Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-09-24 15:55:34

SLAWI - Pramuka merupakan salah satu elemen perekat NKRI. Pramuka harus bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang tercantum dalam 10 Dasa Dharma Pramuka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-09-20 14:53:17

Slawi, Sebanyak 232 orang tutor di Universitas Terbuka menerima pembekalan sesuai dengan kompetensi di bidang pengajaran sesuai dengan mata kuliah yang diampunya. Kegiatan pembekalan tersebut berlangsung pada hari Minggu (16/09) bertempat di SMK N 2 Slawi yang diikuti oleh 232 orang tutor dari seluruh wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Demikian penjelasan Sekretaris Pengelola Daerah UT Kabupaten Tegal, Kusnianto,SE,SIP.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-09-18 11:25:23

SLAWI - Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) VII Kwarda Jawa Tengah yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal resmi dibuka, Minggu (16/9) malam. Peresmian pembukaan ditandai penekanan tombol sirine oleh Plt Bupati Tegal Umi Azizah yang diikuti pesta kembang api.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-09-18 11:23:40

SLAWI - Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwarda Daerah Jawa Tengah tahun 2018 memasuki Kabupaten Tegal, Minggu (16/9) sore. ETK diterima Dandim 0712 Tegal Letkol Kav. Kristiyanto dari Pelaksana Tugas Walikota Tegal Nursholeh di halaman kantor Camat Dukuhturi. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-09-04 16:27:03

SLAWI -  Razia penyakit masyarakat yang digelar Satuan polisi Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Tegal bersama petugas gabungan pada Minggu (2/9) dini hari di eks lokalisasi Peleman mendapati sejumlah wanita pekerja seks komersial (PSK)

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-09-04 09:02:35

SLAWI - KORPRI Kabupaten (Pemkab) Tegal memberi santunan kepada Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tegal yang mengalami kecelakaan di Bukit Siwuni, Kalibakung, Balapulang, beberapa waktu lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-30 14:47:07

SLAWI - Puluhan pelajar yang kedapatan membolos saat jam pelajaran sekolah terjaring razia petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tegal, Rabu (29/8). Mereka terjaring razia saat nongkrong di sejumlah tempat keramaian.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-30 08:42:06

Boyolali - Rombongan jamaah haji asal Kabupaten Tegal yang tergabung dalam 4 kloter embarkasi Donohudan, Selasa (28/8), kembali tiba di tanah air. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-29 16:28:03

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal sukses menggelar karnaval pembangunan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-73 pada, Senin dan Selasa (27-28/8). 

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017