♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Pemkab Tegal Gelar Edukasi Cerdas Menggunakan Obat di Kecamatan Suradadi

2018-04-12 14:23:38


SURADADI - Pemkab Tegal melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal menggelar acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) yang bertempat di Balaidesa Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi, Kamis (12/4). Gerakan yang bertujuan agar masyarakat menggunakan obat secara cerdas tepat, benar dan rasional serta sebagai upaya penyalahgunaan obat maupun kesalahan penggunaan obat dihadiri oleh perwakilan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Anggota Komisi IX DPR RI, Organisasi Profesi Kesehatan Kabupaten Tegal dan masyarakat sekitar.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji, yang membacakan sambutan Pjs. Bupati Tegal menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)  menunjukkan bahwa 35,2% rumah tangga menyimpan obat untuk swamedikasi. Dari 35,2% rumah tangga yang menyimpan obat, 35,7% diantaranya menyimpan obat keras dan antibiotika 27,8% di antaranya menyimpan antibiotik, dan 86,1% antibiotik tersebut diperoleh tanpa resep.


Dikatakan Bupati untuk mewujudkan tujuan gerakan secara efektif dan efisien maka ada empat strategi yang perlu dilakukan antara lain pertama menyusun regulasi dan pedoman terkait GeMa CerMat dan Penggunaan Obat Rasional serta advokasi pada pemangku kepentingan terkait. Selanjutnya melaksanakan publikasi yang melibatkan media massa untuk menyebarluaskan informasi pada masyarakat dan penyebaran informasi melalui media cetak, elektronik dan sosial. Ketiga mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menggunakan obat secara tepat dan benar menggunakan metode yang sesuai dan efektif, secara kontinyu dan berkesinambungan. Terakhir mengoptimalisasi peran tenaga kesehatan dengan melibatkan tenaga kesehatan sebagai edukator bagi masyarakat.


Sementara itu, Ardiyanu, Kepala Sub Direktorat Seleksi Obat dan Alat Kesehatan Kemenkes yang mewakili Direktur Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan RI menyampaikan bahwa Acara sejenis telah dilaksanakan di 101 Kab/Kota seluruh Indonesia. Sedangkan untuk sosialisasi kali ini merupakan yang ke-4 di Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya sosialisasi ini dilakukan sebagai pembekalan dan pemilihan apoteker yang terpilih sebagai Agent of Change (AoC) GeMa CerMat. Setelah terpilih sebagai AoC maka mereka diharapkan dapat menjadi pelaksana GeMa CerMat di wilayah kerja masing-masing yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Pimpinan Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) setempat.


Selanjutnya kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengalungan tanda pengenal kepada Apoteker sebagai Agent of Change (AoC) oleh Kepala Dinkes Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji untuk mengedukasi masyarakat agar cerdas dalam menggunakan obat. [@tik]

 

Berita Pilihan

Mensos Apresiasi Penurunan Angka Kemiskinan di Kabupaten Tegal

SLAWI - Menteri Sosial, Idrus Marham, memberikan apresisasi kepada Pemerintah Kabupaten Tegal yang telah berhasil menurunkan angka kemiskinan.

Pemkab Gelar Rakor Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa

SLAWI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal, menggelar Rapat Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa yang tertera dalam keputusan Bupati Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dalam bentuk Bagian Layanan Pengadaan, yang dihadiri oleh seluruh OPD Kabupaten Tegal, di Ruang Rapat Nusantara, Selasa (24/4).

Triwulan I Tahun 2018, Realisasi PAD Capai Rp. 94,16 M

SLAWI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BP2D)  merilis laporan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk triwulan I tahun 2018 mencapai Rp. 94.163.356.491 atau  23,55 % dari target PAD Rp. 399.909.505.000. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi pengelolaan pendapatan daerah Kabupaten Tegal yang dipimpin secara langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal di Ruang Rapat Bupati, Selasa (17/4).

Pemerintah Kabupaten Tegal Raih Anugerah Pangripta Abipraya 2018

SLAWI - Satu lagi prestasi membanggakan berhasil diraih Pemkab Tegal  yakni penghargaan dalam bidang perencanaan pembangunan daerah atau Pangripta Abipraya tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan yang diserahkan  oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah melalui Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, diterima secara langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi dalam acara Musrenbang Provinsi Jawa Tengah, Kamis (12/4) di Semarang.

64.580 Kartu Tani di Kabupaten Tegal Sudah Dibagikan

SLAWI - Bertempat di Ruang Rapat Bupati Tegal, Pemkab Tegal melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Tan KP) menggelar rapat kooordinasi dan verifikasi lapangan terkait pelaksanaan dan perkembangan implementasi kartu tani di Kabupaten Tegal. Hadir dalam acara tersebut Dinas Tan KP Kabupaten Tegal, Bidang Litbang KPK, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Pimpinan Bank BRI Cabang Slawi dan Tega, Distributor Pupuk dan Pengecer  serta Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Tegal.

Berita lain

Tanggal berita : 2018-04-26 07:41:18

SLAWI - Ir. Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengajak Kapolres dan Dandim untuk mengawal mudik tahun 2018 saat Dialog Nasional Indonesia Maju, bersamaan dengan Dr. H. Idrus Marham Menteri Sosial, Rabu (25/4) di Gedung Korpri

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-25 16:45:37

SLAWI - Menteri Sosial, Idrus Marham, memberikan apresisasi kepada Pemerintah Kabupaten Tegal yang telah berhasil menurunkan angka kemiskinan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-25 16:44:17

SLAWI - Tema yang diangkat sebagai semangat perayaan Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-417 ini adalah Menginspirasi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-25 16:42:10

SLAWI - Otonomi Daerah (Otoda) yang telah diimplementasikan 22 tahun ini memiliki  banyak manfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal ketika membacakan amanat Menteri Dalam Negeri dalam Upacara Peringatan Hari Otoda ke -XXII di halaman belakang Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, Rabu (25/4).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-25 16:40:43

Slawi - Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tegal  mengadakan Bimbingan Teknis Fasilitasi   Jabatan  Fungsional Pranata Komputer.  Bimtek dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal berlangsung Selasa 24 April 2018 di gedung YAUMI Center. Bimbingan Teknis yang baru pertama kali diadakan itu diikuti sebanyak 40 peserta terdiri 20 pejabat fungsional  pranata komputer dan 20 orang pejabat Kasubag Kepegawaian dari berbagai dinas, badan dan kantor se Kab.Tegal

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-24 14:09:36

SLAWI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal, menggelar Rapat Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa yang tertera dalam keputusan Bupati Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dalam bentuk Bagian Layanan Pengadaan, yang dihadiri oleh seluruh OPD Kabupaten Tegal, di Ruang Rapat Nusantara, Selasa (24/4).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-24 14:04:06

SLAWI - PMI Kabupaten Tegal mengirimkan tim Satuan Penanggulangan Bencana (Satgana) untuk membantu penanganan korban bencana gempa bumi di Kabupaten Banjarnegara yang terjadi pada 18 April 2018 lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-24 14:02:35

SLAWI - Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial mengirim wanita Diduga Pekerja Seks Komersial (PSK) ke Panti Sosial untuk direhabilitasi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-24 14:00:18

SLAWI - Iman Sisworo kembali terpilih menjadi Ketua PMI Kabupaten Tegal untuk periode 2018-2023 dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) VIII yang berlangsung di aula Gedung PMI setempat. Muskab dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal dokter Widodo Joko Mulyono dan anggota Forkompimda.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-04-24 13:57:40

Slawi - Pemerintah Kabupaten (Pemda) Tegal, Senin (23/4) menggelar upacara dan resepsi peringatan Hari Kartini ke-139 tingkat Kabupaten di Pendopo Amangkurat. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Forkompimda , Kepala ODP se-Kabupaten Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Tegal, Dharma Wanita serta Organisasi Wanita Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017