♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Pemkab Tegal Kembali Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

2018-02-12 08:36:19


Ket. Foto : Kegiatan Donor Darah Peserta Germas di Pendopo Amangkurat


SLAWI - Hidup sehat pada hakekatnya merupakan aset penting bagi kesehatan jasmani. Dalam hal ini Pemerintah berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui acara Senam Bersama Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diadakan di depan Pendopo Amangkurat, Kabupaten Tegal, pada jumat pagi (9/2).

Bupati Tegal Enthus Susmono menyampaikan jika pergeseran jenis penyakit didorong oleh perubahan pola hidup masyarakat kita yang cenderung tidak aktif secara fisik, seperti menonton televisi. Atau fenomena dari anak-anak kita atau kalangan generasi muda kita yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain handphone sebagai media informasi dan hiburan serta sarana komunikasi lewat media sosial.

Beliau juga mengajak para peserta untuk ikut serta berperan aktif membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat agar berperilaku  sehat, dengan cara mempraktekkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar bisa diterapkan di lingkungan keluarga dan berkembang di lingkungan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Dra. Umi Azizah memberikan pesan kepada semua tamu atau peserta yang hadir "Selalu semangat dan profesionalisme kalian sehingga pencapaian kinerja ditahun 2018 ini lebih meningkat lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Tingkat kesehatan naik dari 34 ketika tahun 2014 dan tahun ini sudah menduduki peringkat 19," kata Umi.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih oleh 2.000 peserta dari berbagai bidang, diantaranya setiap Puskesmas se Kabupaten Tegal masing-masing mengirimkan perwakilannya sebanyak 5 orang, OPD dan seluruh karyawan-karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.

Turipah (40) Panitia dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Bidang Kesehatan Masyarakat menjelaskan jika teknisi pemilihan kategori dilakukan melalui verifikasi desa secara langsung, "semua Desa kita datangi, akses untuk buang air besar sudah menggunakan jamban sehat atau belum, karena masih banyak ditemui beberapa desa yang masih menggunakan jamban tapi pembuangannya masih ke sungai, jadi kita pilih kriteria yang paling Bagus sesuai dengan bagaimana jamban sehat yang sebenarnya."

Terdapat 4 kategori Desa ODF (Open Defecation Free) atau Desa stop buang air besar sembarangan, masin-masing kategori Desa ODF terdiri dari 4 Desa, diantaranya, kategori pertama dengan hadiah uang senilai Rp. 4 juta untuk masing-masing desa yakni ditempati oleh Desa Pekunduhan, Pepedan, Purbayasa dan Kalimati, kemudian untuk kategori kedua dengan uang senilai Rp. 3 juta ditempati oleh Desa Pagongan, Kupu, Pekauman Kulon dan Jati Mulyo, selanjutnya untuk kategori ketiga dengan uang senilai Rp. 2 juta diduduki oleh Desa Debong Wetan, Traju, Sindang dan Pedagangan. Desa Procot, Ketileng, Trayeman dan Sidakaton adalah kategori keempat dengan uang senilai Rp. 1 juta.

Ditemui disela-sela acara panitia penyelenggara Faqih selaku Kepala Bidang Kesra berharap agar melalui acara ini masyarakat tetap sehat dalam menjaga mentalitas dari PNS dan dapat menjadi panutan untuk masyarakat.

Selain acara penyerahan hadiah Desa ODF, ada pula donor darah gratis yang disediakan oleh PMI Kabupaten Tegal, kemudian acara ditutup dengan senam bersama dan pembagian door prize.  [@tik]

 

Berita Pilihan

Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi, Plt. Bupati Tegal Tekankan Semangat Kebangsaan

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Kekeringan, Pemkab dan Bazda Salurkan Puluhan Tangki Air Bersih

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Empat Kloter Jamaah Calon Haji Kabupaten Tegal Bertolak ke Donohudan

SLAWI - Empat kelompok terbang (Kloter) Calon jamaah haji asal Kabupaten Tegal diberangkatkan menuju Asrama Donohudan Solo, Jawa Tengah.

24 Puskesmas Di Kabupaten Tegal Siap Melayani LOAKK

SLAWI- Duapuluh empat puskesmas di Kabupaten Tegal, siap membantu masyarakat dalam pemenuhan hak kependudukan dengan mempercepat perolehan akta kelahiran dari anak yang baru lahir melalui program LOAKK.

Plt Bupati Tegal Resmi Buka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018

SLAWI - Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Tegal, Umi Azizah, di Desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang, Selasa (10/7).

Berita lain

Tanggal berita : 2018-08-21 08:30:31

SLAWI - Sebanyak 188 narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IIB Slawi mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman di Hari Kemerdekaan RI ke 73, Jumat (17/8).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:28:57

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:26:13

SLAWI - Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia, Pemkab Tegal menggelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Persada Kajen Lebaksiu, Tegal, Jumat (17/8) pukul 00.00 WIB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:22:08

SLAWI - Persatuan dan kesatuan harus kita jaga, karena persatuan merupakan aset terbesar Bangsa Indonesia. Semangat nasionalisme juga harus kita rawat, kita bina dan tularkan kepada anak cucu kita.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:40:51

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menggelar Operasi Penertiban Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) Senin (6/8) malam di wilayah Kota Slawi dan sekitarnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:39:25

SLAWI - Kontingen Pramuka Kwarcab Tegal berhasil menorehkan prestasi tingkat Jawa Tengah di ajang Lintas Medan Ubaloka (LMU) III dan Gladi Widya Cakra Adi Birawa yang digelar 1-5 Agustus 2018 di Puskepram Semarang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:46:42

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal akan segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 116 desa pada tanggal 17 Desember 2018 mendatang. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:44:47

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-06 16:24:21

SLAWI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal melaunching aplikasi sistem informasi sekolah berbasis Android pada Kamis (2/8) di Aula Dinas Dikbud. Kegiatan dihadiri Plt Bupati Tegal Umi Azizah, Sekretaris Dinas Dikbud H Ahmad Wasyari dan Kepala Bidang dilingkungan Dinas Dikbud.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-03 08:29:38

SLAWI - Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan untuk pembangunan dua rumah milik warga Desa Kreman Kecamatan Warureja yang ludes terbakar.  Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Bazda Kabupaten Tegal Hj Umi Azizah, Ahad (29/7).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017