♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Pemkab Tegal Kembali Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

2018-02-12 08:36:19


Ket. Foto : Kegiatan Donor Darah Peserta Germas di Pendopo Amangkurat


SLAWI - Hidup sehat pada hakekatnya merupakan aset penting bagi kesehatan jasmani. Dalam hal ini Pemerintah berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui acara Senam Bersama Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diadakan di depan Pendopo Amangkurat, Kabupaten Tegal, pada jumat pagi (9/2).

Bupati Tegal Enthus Susmono menyampaikan jika pergeseran jenis penyakit didorong oleh perubahan pola hidup masyarakat kita yang cenderung tidak aktif secara fisik, seperti menonton televisi. Atau fenomena dari anak-anak kita atau kalangan generasi muda kita yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain handphone sebagai media informasi dan hiburan serta sarana komunikasi lewat media sosial.

Beliau juga mengajak para peserta untuk ikut serta berperan aktif membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat agar berperilaku  sehat, dengan cara mempraktekkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar bisa diterapkan di lingkungan keluarga dan berkembang di lingkungan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Dra. Umi Azizah memberikan pesan kepada semua tamu atau peserta yang hadir "Selalu semangat dan profesionalisme kalian sehingga pencapaian kinerja ditahun 2018 ini lebih meningkat lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Tingkat kesehatan naik dari 34 ketika tahun 2014 dan tahun ini sudah menduduki peringkat 19," kata Umi.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih oleh 2.000 peserta dari berbagai bidang, diantaranya setiap Puskesmas se Kabupaten Tegal masing-masing mengirimkan perwakilannya sebanyak 5 orang, OPD dan seluruh karyawan-karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.

Turipah (40) Panitia dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Bidang Kesehatan Masyarakat menjelaskan jika teknisi pemilihan kategori dilakukan melalui verifikasi desa secara langsung, "semua Desa kita datangi, akses untuk buang air besar sudah menggunakan jamban sehat atau belum, karena masih banyak ditemui beberapa desa yang masih menggunakan jamban tapi pembuangannya masih ke sungai, jadi kita pilih kriteria yang paling Bagus sesuai dengan bagaimana jamban sehat yang sebenarnya."

Terdapat 4 kategori Desa ODF (Open Defecation Free) atau Desa stop buang air besar sembarangan, masin-masing kategori Desa ODF terdiri dari 4 Desa, diantaranya, kategori pertama dengan hadiah uang senilai Rp. 4 juta untuk masing-masing desa yakni ditempati oleh Desa Pekunduhan, Pepedan, Purbayasa dan Kalimati, kemudian untuk kategori kedua dengan uang senilai Rp. 3 juta ditempati oleh Desa Pagongan, Kupu, Pekauman Kulon dan Jati Mulyo, selanjutnya untuk kategori ketiga dengan uang senilai Rp. 2 juta diduduki oleh Desa Debong Wetan, Traju, Sindang dan Pedagangan. Desa Procot, Ketileng, Trayeman dan Sidakaton adalah kategori keempat dengan uang senilai Rp. 1 juta.

Ditemui disela-sela acara panitia penyelenggara Faqih selaku Kepala Bidang Kesra berharap agar melalui acara ini masyarakat tetap sehat dalam menjaga mentalitas dari PNS dan dapat menjadi panutan untuk masyarakat.

Selain acara penyerahan hadiah Desa ODF, ada pula donor darah gratis yang disediakan oleh PMI Kabupaten Tegal, kemudian acara ditutup dengan senam bersama dan pembagian door prize.  [@tik]

 

Berita Pilihan

Plt. Gubernur Jateng : Ki Enthus Dicintai Rakyatnya

SLAWI - Pelaksana Tugas Gubernur Jateng Heru Sudjatmok mengaku kaget menerima kabar duka kehilangan saudara dan sahabat. Ki Enthus Susmono yang dicintai rakyatnya telah dipanggil Allah tanpa menderita sakit sebelumnya

Bupati Tegal Petahana Enthus Susmono Tutup Usia

Slawi - Bupati Tegal, Petahana, Enthus Susmono meninggal dunia pada hari ini, Senin (14/5) di usia 52 tahun. Keterangan yang dihimpun dari berbagai pihak, sore tadi Enthus bersama rombongan berencana akan menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang Kecamatan Jatinegara setelah sebelumnya sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong. Tapi dalam perjalanannya, Enthus sempat mengeluh, merasakan nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri.

Kabupaten Tegal Raih Penghargaan Terbaik Nasional Bidang Perencanaan Pembangunan Daerah

SLAWI - Setelah mengantongi tiket Pangripta Abipraya Jawa Tengah sebagai kabupaten terbaik tingkat provinsi di bidang perencanaan pembangunan daerah, Pemkab Tegal kembali meraih penghargaan bergengsi Pangripta Nusantara tingkat nasional dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Hardiknas, Bangun Pendidikan Melalui Kebudayaan

SLAWI - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018, di Lapangan Pemda Kabupaten Tegal, Rabu (2/5) Acara diikuti oleh pelajar tingkat SD/MI,SMP/Mts, SMA/SMK/MAN, guru dan Forkompimda serta Kepala OPD Kabupaten Tegal.

Meriah, Parade Seni Budaya Pelajar Kabupaten Tegal

SLAWI - Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Tegal ke-417, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar acara Parade Seni Budaya Tahun 2018.

Berita lain

Tanggal berita : 2018-05-17 15:09:39

Slawi - Dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2018, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan penanaman pohon di Alun-alun Hanggawana Slawi, Rabu (16/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-17 15:08:14

Slawi - Upacara serah terima Pakta Integritas digelar Rabu (16/5) dihalaman belakang kantor Pemerintah Kabupaten Tegal dihadiri oleh perwakilan pejabat Pemerintah Kabupaten Tegal serta para sesepuh Kalisoka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-16 16:12:46

SLAWI - Kepergian dalang kondang kharismatik Ki Enthus Susmono menyisakan kesedihan bagi masyarakat, terutama warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-16 15:37:55

SLAWI - Pelaksana Tugas Gubernur Jateng Heru Sudjatmok mengaku kaget menerima kabar duka kehilangan saudara dan sahabat. Ki Enthus Susmono yang dicintai rakyatnya telah dipanggil Allah tanpa menderita sakit sebelumnya

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-16 15:35:49

SLAWI - Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-417, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal menggelar acara ziarah kubur ke beberapa makam Pendiri di Kabupaten Tegal, Senin (14/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-15 14:53:08

Slawi - Bupati Tegal, Petahana, Enthus Susmono meninggal dunia pada hari ini, Senin (14/5) di usia 52 tahun. Keterangan yang dihimpun dari berbagai pihak, sore tadi Enthus bersama rombongan berencana akan menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang Kecamatan Jatinegara setelah sebelumnya sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong. Tapi dalam perjalanannya, Enthus sempat mengeluh, merasakan nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-11 21:33:12

SLAWI - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H,  Pemkab Tegal bersama jajaran lintas sektoral menggelar Rapat Koordinasi di Ruang Rapat Nusantara Gedung Amartha Setda Pemkab Tegal, Selasa (8/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-09 16:30:42

Slawi - Sebanyak 136 anak mengikuti Sunatan Massal dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal ke 417 Tahun 2018 di Pendopo Amangkurat, Selasa (8/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-09 16:06:59

SLAWI - Keberadaan Kader Siaga Tramtib (KST) bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar bisa membantu menyelesaikan permasalan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat (Tibum Tranmas) dan Penegakan Peraturan Daerah. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-09 16:04:38

Slawi - Dalam mewujudkan masyarakat sehat, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dinas KPP) Kabupaten Tegal menggelar Kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Berbahan Baku Ikan Tahun 2018, di Gedung PKK Kabupaten Tegal, Senin (7/5).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017