♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Pendidikan Karakter Bagi Guru SD Melalui Seminar Nasional oleh "Kak Seto"

2018-02-09 07:20:51


SLAWI -  Bertempat di Gedung Korpri, Seminar Nasional penguatan Pendidikan karakter bagi Guru SD di Kabupaten Tegal melalui Pembelajaran Terpadu berlangsung Kamis pagi (08/2). Seminar ini dihadiri oleh 703 peserta yang sepenuhnya terdiri dari Guru SD se Kabupaten Tegal. Dr. Seto Mulyadi S.Psi, M.Psi yang lebih dikenal dengan sebutan "Kak Seto" turut menghadiri seminar sebagai pembicara di acara tersebut. 


Dalam sambutannya beliau menyampaikan jika kasus Bullying terhadap anak perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Dalam hal ini, Guru memiliki peran penting dalam mendidik murid-muridnya dengan mengajarkan cinta kasih melalui kedekatan emosional, selain itu bangun rasa kepercayaan diri dan tempatkan psikologis sosial dengan kedaulatan sosial penuh dengan kedekatan melalui persaudaraan, tingkatkan nilai-nilai keagamaan. "Bukan melalui kata-kata melainkan dengan contoh konkrit sehingga dalam hal ini Orang Tua menjadi panutan bagi anak-anaknya" katanya.


Kak Seto juga menyampaikan betapa pentingnya mendukung pengembangan karakter  terhadap anak. "Mari kita ciptakan Sekolah yang ramah anak serta Kurikulum yang ramah anak. Jika hak anak dipenuhi haknya maka secara otomatis akan menjalankan kewajibannya tanpa ada unsur paksaan. Hal ini dapat mendukung pengembangan karakter, karakter yang diharapkan adalah sopan santun, kemudian tidak mudah putus asa, rendah hati, tidak arogan, semangat jujur, kreatif dan disiplin. Namun jika pendidikan ada unsur kekerasan semuanya akan berubah menjadi arogan, tidak norma, tidak jujur dan seterusnya", ujarnya. 


Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Retno Suprobowati bahwa Pendidikan karakter mengalami permasalahan. Adapaun permasalahan tersebut dikarenakan oleh bias orientasi nilai karakter bangsa, antara lain adanya disorientasi implementasi nilai-nilai pancasila. Kemudian bergesernya nilai etika dalam kehidupan bangsa. Memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai kebudayaan bangsa dan melemahnya kemandirian. 


Dalam kesempatan ini, hadir pula Wakil Bupati Umi Azizah. Beliau mengatakan bahwa Pendidikan Karakter bertujuan membentuk manusia yang bermoral, cerdas, rasional serta membentuk manusia yang inovatif dan suka bekerja keras, optimis. Dengan demikian pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintergrasikan pendidikan karakter sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi  anak baik dari ranah kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas serta spiritual, semuanya harus seimbang. 


"Sehingga Guru di Sekolah memiliki peranan sentral dalam penguatan pendidikan karakter peserta didiknya. Artinya, pemahaman dan keteladanan Guru dalam memaknai serta mengimplementasikan nilai-nilai karakter akan mempengaruhi implementasi penguatan pendidikan karakter di Sekolah", tambahnya.  [@tik]

 

Berita Pilihan

Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi, Plt. Bupati Tegal Tekankan Semangat Kebangsaan

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Kekeringan, Pemkab dan Bazda Salurkan Puluhan Tangki Air Bersih

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Empat Kloter Jamaah Calon Haji Kabupaten Tegal Bertolak ke Donohudan

SLAWI - Empat kelompok terbang (Kloter) Calon jamaah haji asal Kabupaten Tegal diberangkatkan menuju Asrama Donohudan Solo, Jawa Tengah.

24 Puskesmas Di Kabupaten Tegal Siap Melayani LOAKK

SLAWI- Duapuluh empat puskesmas di Kabupaten Tegal, siap membantu masyarakat dalam pemenuhan hak kependudukan dengan mempercepat perolehan akta kelahiran dari anak yang baru lahir melalui program LOAKK.

Plt Bupati Tegal Resmi Buka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018

SLAWI - Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Tegal, Umi Azizah, di Desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang, Selasa (10/7).

Berita lain

Tanggal berita : 2018-08-21 08:30:31

SLAWI - Sebanyak 188 narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IIB Slawi mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman di Hari Kemerdekaan RI ke 73, Jumat (17/8).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:28:57

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:26:13

SLAWI - Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia, Pemkab Tegal menggelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Persada Kajen Lebaksiu, Tegal, Jumat (17/8) pukul 00.00 WIB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:22:08

SLAWI - Persatuan dan kesatuan harus kita jaga, karena persatuan merupakan aset terbesar Bangsa Indonesia. Semangat nasionalisme juga harus kita rawat, kita bina dan tularkan kepada anak cucu kita.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:40:51

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menggelar Operasi Penertiban Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) Senin (6/8) malam di wilayah Kota Slawi dan sekitarnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:39:25

SLAWI - Kontingen Pramuka Kwarcab Tegal berhasil menorehkan prestasi tingkat Jawa Tengah di ajang Lintas Medan Ubaloka (LMU) III dan Gladi Widya Cakra Adi Birawa yang digelar 1-5 Agustus 2018 di Puskepram Semarang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:46:42

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal akan segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 116 desa pada tanggal 17 Desember 2018 mendatang. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:44:47

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-06 16:24:21

SLAWI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal melaunching aplikasi sistem informasi sekolah berbasis Android pada Kamis (2/8) di Aula Dinas Dikbud. Kegiatan dihadiri Plt Bupati Tegal Umi Azizah, Sekretaris Dinas Dikbud H Ahmad Wasyari dan Kepala Bidang dilingkungan Dinas Dikbud.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-03 08:29:38

SLAWI - Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan untuk pembangunan dua rumah milik warga Desa Kreman Kecamatan Warureja yang ludes terbakar.  Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Bazda Kabupaten Tegal Hj Umi Azizah, Ahad (29/7).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017