♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Pemkab Tegal Adakan Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan

2018-02-07 14:00:55


Slawi- Wakil Bupati Tegal Umi Azizah dengan seluruh OPD beserta segenap jajarannya mengadakan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan yang berlangsung di Gedung Bappeda dan Litbang (6/02). 


Kepala Bappeda dan Litbang Ir. Suharmanto mengatakan bahwa Tingkat Serapan Anggaran APBD sebesar 89,85% (tinggi) dengan pencapaian kinerja Fisik 96,95% (Sangat Tinggi). Untuk kualitas pekerjaan, lakukan monitoring pekerjaan fisik agar segera mungkin dilakukan pemeliharaan dalam mempertahankan kualitas hasil pekerjaan. Serapan Dana DAK belum optimal, sehingga mengganggu anggaran APBD Kabupaten Tegal. 


Suharmanto menambahkan bahwa pekerjaan infrastruktur masih terdapat pekerjaan yang belum sempurna. Selain itu pemanfaatan Dana Hibah juga masih belum optimal. Kemudian untuk pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa tahun 2017 terlaksanakan cukup baik meski menyisakan beberapa paket tidak dapat dilelangkan dan gagal lelang. Terakhir Realisasi keuangan APBD saat ini dimonitor oleh Pemerintah Pusat (Kemenkeu, Staf Kepresidenan) sehingga OPD harus konsisten dan tepat waktu dalam mencapai target kinerja fisik dan keuangan sesuai RKO, untuk menghindari penundaan dan penyaluran DAU.  


Pencapaian pembangunan selama hampir 5 tahun ini merupakan hasil kerja keras semua OPD beserta jajarannya dalam membantu Bupati dan Wakil Bupati yang mewujudkan Visi dan Misi pembangunan Daerah Kabupaten Tegal pada tahun 2014 hingga 2019. 


Hal ini juga disampaikan oleh Wakil Bupati Tegal Umi Azizah bahwa beliau meminta masing-masing OPD selesaikan dengan tuntas Program-Program Strategis Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya peningkatan Program pendidikan melalui "Ayo Sekolah Maning" harus dapat menarik anak-anak putus sekolah untuk kembali sekolah. Kemudian Program pembangunan atau Rehabilitasi ruang tidak layak huni (RTLH) dan pembangunan jamban melalui PDPM pada saatnya harus tuntas. Lalu untuk program administrasi kependudukan khususnya e-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Program jaminan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk Miskin, khususnya yang tidak terlayani BPJS. Dan Program-program strategis lainnya di masing-masing OPD. 


Umi juga menyampaikan hasil-hasil pembangunan khususnya berupa Sarana dan Prasarana harus dapat dioptimalkan pengelolaan dan pemanfaatannya untuk masyarakat. Seperti, Terminal Yomani dan Terminal Dukuh Salam agar segera dapat dimanfaatkan sebagai pelayanan transportasi umum. Selain itu, Alun-alun kota Slawi, agar pengelolaannya dilakukan dengan baik. Khususnya terkait penataan sampah yang menjadi tugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) maupun para pedagang itu sendiri agar tidak menimbulkan kesan semrawut. Kemudian untuk Gor Indoor Trisanja yang baru saja direhab melalui pemerintah pusat agar dapat dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga sehingga dapat mencetak prestasi olahraga di Kabupaten Tegal. 


Beliau juga mengajak kepada seluruh OPD beserta segenap jajarannya agar selalu menjaga semangat paseduluran, kekompakan, sinergitas antar OPD dalam melaksanakan pembangunan. Kemudian untuk selalu menjaga komitmen, konsisten dan rasa tanggungjawab dalam menuntaskan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan perencanaan pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD maupun RKPD. 


Karena ada beberapa Sarana dan Prasarana Strategis yang akan dibangun, khususnya bagi perekonomian rakyat agar segera dilaksanakan percepatan pembangunannya dengan meminimalisir dampak bagi aktivitas ekonomi masyarakat Kabupaten Tegal. Antara lain, Pasar Margasari, pasar Lebaksiu, dan pasar Bojong. Ada juga Pembangunan Ruang Terbuka Publik pada Eks Terminal Slawi. Dan pembangunan jalan, jembatan yang bernilai strategis yang bersumber dari DAK dan Non DAK. Beliau mengharapkan agar semua pembangunan tersebut dapat diproses dengan cepat sesuai prosedur dan proses administrasinya sehingga dapat segera terealisasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat.  [@tik]

 

Berita Pilihan

Plt. Gubernur Jateng : Ki Enthus Dicintai Rakyatnya

SLAWI - Pelaksana Tugas Gubernur Jateng Heru Sudjatmok mengaku kaget menerima kabar duka kehilangan saudara dan sahabat. Ki Enthus Susmono yang dicintai rakyatnya telah dipanggil Allah tanpa menderita sakit sebelumnya

Bupati Tegal Petahana Enthus Susmono Tutup Usia

Slawi - Bupati Tegal, Petahana, Enthus Susmono meninggal dunia pada hari ini, Senin (14/5) di usia 52 tahun. Keterangan yang dihimpun dari berbagai pihak, sore tadi Enthus bersama rombongan berencana akan menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang Kecamatan Jatinegara setelah sebelumnya sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong. Tapi dalam perjalanannya, Enthus sempat mengeluh, merasakan nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri.

Kabupaten Tegal Raih Penghargaan Terbaik Nasional Bidang Perencanaan Pembangunan Daerah

SLAWI - Setelah mengantongi tiket Pangripta Abipraya Jawa Tengah sebagai kabupaten terbaik tingkat provinsi di bidang perencanaan pembangunan daerah, Pemkab Tegal kembali meraih penghargaan bergengsi Pangripta Nusantara tingkat nasional dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Hardiknas, Bangun Pendidikan Melalui Kebudayaan

SLAWI - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018, di Lapangan Pemda Kabupaten Tegal, Rabu (2/5) Acara diikuti oleh pelajar tingkat SD/MI,SMP/Mts, SMA/SMK/MAN, guru dan Forkompimda serta Kepala OPD Kabupaten Tegal.

Meriah, Parade Seni Budaya Pelajar Kabupaten Tegal

SLAWI - Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Tegal ke-417, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar acara Parade Seni Budaya Tahun 2018.

Berita lain

Tanggal berita : 2018-05-17 15:09:39

Slawi - Dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2018, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan penanaman pohon di Alun-alun Hanggawana Slawi, Rabu (16/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-17 15:08:14

Slawi - Upacara serah terima Pakta Integritas digelar Rabu (16/5) dihalaman belakang kantor Pemerintah Kabupaten Tegal dihadiri oleh perwakilan pejabat Pemerintah Kabupaten Tegal serta para sesepuh Kalisoka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-16 16:12:46

SLAWI - Kepergian dalang kondang kharismatik Ki Enthus Susmono menyisakan kesedihan bagi masyarakat, terutama warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-16 15:37:55

SLAWI - Pelaksana Tugas Gubernur Jateng Heru Sudjatmok mengaku kaget menerima kabar duka kehilangan saudara dan sahabat. Ki Enthus Susmono yang dicintai rakyatnya telah dipanggil Allah tanpa menderita sakit sebelumnya

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-16 15:35:49

SLAWI - Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-417, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal menggelar acara ziarah kubur ke beberapa makam Pendiri di Kabupaten Tegal, Senin (14/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-15 14:53:08

Slawi - Bupati Tegal, Petahana, Enthus Susmono meninggal dunia pada hari ini, Senin (14/5) di usia 52 tahun. Keterangan yang dihimpun dari berbagai pihak, sore tadi Enthus bersama rombongan berencana akan menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang Kecamatan Jatinegara setelah sebelumnya sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong. Tapi dalam perjalanannya, Enthus sempat mengeluh, merasakan nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-11 21:33:12

SLAWI - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H,  Pemkab Tegal bersama jajaran lintas sektoral menggelar Rapat Koordinasi di Ruang Rapat Nusantara Gedung Amartha Setda Pemkab Tegal, Selasa (8/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-09 16:30:42

Slawi - Sebanyak 136 anak mengikuti Sunatan Massal dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal ke 417 Tahun 2018 di Pendopo Amangkurat, Selasa (8/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-09 16:06:59

SLAWI - Keberadaan Kader Siaga Tramtib (KST) bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar bisa membantu menyelesaikan permasalan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat (Tibum Tranmas) dan Penegakan Peraturan Daerah. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-05-09 16:04:38

Slawi - Dalam mewujudkan masyarakat sehat, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dinas KPP) Kabupaten Tegal menggelar Kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Berbahan Baku Ikan Tahun 2018, di Gedung PKK Kabupaten Tegal, Senin (7/5).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017