♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Wakil Bupati Tegal Resmi Membuka Acara Bumijawa Festival 2018

2018-02-05 08:16:09


BUMIJAWA - Bumijawa Festival dibuka pada hari sabtu pagi (03/02) di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Tari Topeng Endel dari Sanggar Gamelan Sekar Arum Desa Slarang Lor bersama dengan sang maestro sekaligus pemilik sanggar yaitu Ibu Sawitri dari Kecamatan Bumijawa, dipersembahkan sebagai pementasan tari tradisional pada acara pembukaan festival tersebut.


Peresmian Desa Wisata tersebut dihadiri oleh beberapa tamu undangan, diantaranya Wakil Bupati Tegal, DPRD Komisi X, SETDA Kabupaten Tegal, HIDORA, BPD, BAPPEDA, LITBANG, OPD, Forkompinda, Forkompinca Kapolsek, Pokdarwis, Dikporpora, Dikbud, Kominfo, SKPD, Camat Bumijawa, Kepala Desa se Kecamatan Bumijawa dan masyarakat setempat.


Kepala Desa Cempaka Abdul Khayyi S.E mengatakan jika ini adalah cempaka yang sesungguhnya ada kebun pring, ada masyarakat, ada budaya-budaya yang sangat bersahaja, makanan cukit yang mungkin di desa lain belum ada walaupun ada barangkali rasanya berbeda, ini menjadi kekayaan kami, kekayaan desa kami. Kami sudah menyusun sejarah tentang Cempaka dan sejarah Tuk Pitu.


Harapan masyarakat desa cempaka secara khusus dengan dilaunchingnya wisata Desa dan Festival Bumijawa ini adalah bahwa desa Cempaka bisa menjadi penggerak ekonomi di Kabupaten Tegal, "Kami mewakili masyarakat desa cempaka dan masyarakat kabupaten Tegal secara umum, dengan adanya Festival Bumijawa semoga dapat menjadi sinergi antara pelaku wisata dan pemda, kami mengucapkan terimakasih," tegas Khayyi.


Umi Azizah Wakil Bupati Tegal juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, berkolaborasi mensukseskan pelaksanaan acara-acara ini. Beliau juga mengatakan jika ini adalah sebuah event perdana di Kabupaten Tegal yang berkelas internasional, namun tetap mengangkat citra rasa lokal yang gaungnya bisa kita rasakan dipemberitaan media baik Lokal, Nasional maupun Global. 


"Mudah-mudahan dengan diselenggarakannya Bumijawa Festival ini semakin menambah khasanah Kepariwisataan Kabupaten Tegal. Terutama menyangkut destinasi Wisata Desa yang akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan citra Kepariwisataan Kabupaten Tegal," kata Umi dalam sambutannya.


Beliau juga berharap kepada masyarakat, melalui gelaran Bumijawa Festival 2018 yang bernuansakan etnis perdesaan ini diharapkan tidak hanya mampu menyedot animo pengunjung atau wisatawan, akan tetapi juga ajang pembuktian bahwasanya masyarakat desa mampu berperan sebagai pelaku usaha didalamnya sekaligus berperan menjadi tuan rumah yang baik. "saya minta event semacam ini bisa diselenggarakan kembali untuk tahun-tahun berikutnya dan bisa direplikasi desa-desa lainnya di Kabupaten Tegal dengan keunggulan yang spesifik sebagai daya tariknya," ujarnya.


Acara pembukaan Bumijawa Festival selanjutnya dilanjutkan dengan Workshop Musik, Musik Tradisional Go Global, pembicara Rayhan Sudrajat Akar Project dari Bandung dan Seminar atau sarah sehan pariwisata, Pariwisata berbasis konversi alam dan lingkungan, narasumber Ari Suhandi dari Kementrian Pariwisata RI dan Prof Dr. Mohammad Baiquni, Direktur Pasca Sarjana Pariwisata UGM Yogjakarta dan Hidora.  [@tik]

 

Berita Pilihan

Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi, Plt. Bupati Tegal Tekankan Semangat Kebangsaan

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Kekeringan, Pemkab dan Bazda Salurkan Puluhan Tangki Air Bersih

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Empat Kloter Jamaah Calon Haji Kabupaten Tegal Bertolak ke Donohudan

SLAWI - Empat kelompok terbang (Kloter) Calon jamaah haji asal Kabupaten Tegal diberangkatkan menuju Asrama Donohudan Solo, Jawa Tengah.

24 Puskesmas Di Kabupaten Tegal Siap Melayani LOAKK

SLAWI- Duapuluh empat puskesmas di Kabupaten Tegal, siap membantu masyarakat dalam pemenuhan hak kependudukan dengan mempercepat perolehan akta kelahiran dari anak yang baru lahir melalui program LOAKK.

Plt Bupati Tegal Resmi Buka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018

SLAWI - Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Tegal, Umi Azizah, di Desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang, Selasa (10/7).

Berita lain

Tanggal berita : 2018-08-21 08:30:31

SLAWI - Sebanyak 188 narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IIB Slawi mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman di Hari Kemerdekaan RI ke 73, Jumat (17/8).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:28:57

SLAWI - Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan seremoni untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus bertujuan menggugah semangat kebangsaan. Semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan Tanah Air, Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:26:13

SLAWI - Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia, Pemkab Tegal menggelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Persada Kajen Lebaksiu, Tegal, Jumat (17/8) pukul 00.00 WIB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-21 08:22:08

SLAWI - Persatuan dan kesatuan harus kita jaga, karena persatuan merupakan aset terbesar Bangsa Indonesia. Semangat nasionalisme juga harus kita rawat, kita bina dan tularkan kepada anak cucu kita.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:40:51

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menggelar Operasi Penertiban Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) Senin (6/8) malam di wilayah Kota Slawi dan sekitarnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-08 16:39:25

SLAWI - Kontingen Pramuka Kwarcab Tegal berhasil menorehkan prestasi tingkat Jawa Tengah di ajang Lintas Medan Ubaloka (LMU) III dan Gladi Widya Cakra Adi Birawa yang digelar 1-5 Agustus 2018 di Puskepram Semarang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:46:42

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal akan segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 116 desa pada tanggal 17 Desember 2018 mendatang. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-07 08:44:47

SLAWI - Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Tegal semakin meluas. Akibatnya masyarakat sulit mendapatkan air bersih. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-06 16:24:21

SLAWI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal melaunching aplikasi sistem informasi sekolah berbasis Android pada Kamis (2/8) di Aula Dinas Dikbud. Kegiatan dihadiri Plt Bupati Tegal Umi Azizah, Sekretaris Dinas Dikbud H Ahmad Wasyari dan Kepala Bidang dilingkungan Dinas Dikbud.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2018-08-03 08:29:38

SLAWI - Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan untuk pembangunan dua rumah milik warga Desa Kreman Kecamatan Warureja yang ludes terbakar.  Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Bazda Kabupaten Tegal Hj Umi Azizah, Ahad (29/7).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017